16 Juli 2024

Keluhkan Septic Tank Dan Sampah Di Betung, Kepala UPT PU Munadi Siap Bantu

Spread the love

Lamsel, libasmalaka.com – Kepala UPT Kalianda – Rajabasa Munadi menyikapi harapan Kepala desa (Kades) Betung Kecamatan Rajabasa Provinsi Lampung, Ahmad Afandi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan.

Diberitakan sebelumnya di media ini pada Rabu (03/07/2024). Kepala desa (Kades) Betung Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) Provinsi Lampung, Ahmad Afandi berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat untuk membantu mengatasi permasalah tanki septik atau septic tank dan tempat pembuangan akhirnya (TPA) sampah.

Menyikapi hal itu, usai acara Rembuk stunting di Desa Canggung, Munadi mengatakan, Dinas PU tak hanya pembangunan jalan saja akan tetapi ada pembangunan Drainase, pengiklan air bersih ataupun Sanitasi. Kamis (04/07/2024)

“Terkait harapan Kades Betung tersebut kita siap bantu yang penting ada lahannya dan langsung siapkan proposalnya tentunya dilengkapi dengan persyaratan salah satunya ada surat tanah hibah,” Katanya.

Didalam program pencegahan stunting Dinas PU juga ada didalamnya, Munadi mengatakan kalau di tingkat Kecamatan UPT PU sebagai Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kecamatan.

“Jadi kita memang TPPSnya kita juga masuk ke K 3 (Kandang, kolam dan kebun),” Ujarnya.

Munadi berharap seluruh desa di wilayah kerjanya untuk saling berkoordinasi juga dengan UPT PU.

“Saling koordinasi kan enak, jika apa yang diharapkan desa tersebut yah hubungi saya , apa lagi ini urusan Pencegahan stunting yang memang sudah menjadi program Pemerintah,” Tandasnya.

“Jika memang terkait urusan pembangunan yang saya sebut tadi, yah kades hubungi kita, kita juga akan berusaha dan berupaya untuk membantu keinginanya tersebut, buat proposalnya nanti kita bawa keatasan kita di Pemkab Lampung Selatan, asal memang ada lahannya dan lahannya tersebut sifatnya hibah,” Imbuhnya.

Hal serupa diungkapkan Mirliansyah Camat Rajabasa, Dirinya mengatakan, Pemerintah Kecamatan adalah kepanjangan tangan dari Pemkab jadi jika desa memiliki keinginan atau harapan kepada Pemkab, Pemerintah Kecamatan pun akan siap membantunya.

“Seperti harapan Pemdes Betung, Kita akan bantu apa lagi ini urusan Pencegahan stunting, Bupati Nanang dan Ketua TPPS Kabupaten Lampung Selatan sangat gencar melakukan pencegahan stunting dan memang menjadi programnya,” Ungkap Mirliansyah.

“Yang penting kita selalu kompak dan selalu berkoordinasi, disinikan ada UPT PU juga nanti saya bicarakan dengan Kepala UPT PU nya.,” Ucapnya.

Terpisah, Kepala desa Betung Ahmad Afandi mendengar informasi tersebut, Dirinya selaku Pemdes mengucapkan syukur dan terimakasih kepada Pemerintah Kecamatan dan kepala UPT PU.

” Kami akan mempersiapkan apa yang menjadi persyaratan nya seperti apa yang dikatakan Kepala UPT PU, Untuk lahan memang ada, Harapan kami memang tanki septik atau septic tank dan satu paket pengelolaan sampah jadi diralat bukan tempat pembuangan akhirnya (TPA) sampah tapi pengelolaan sampahnya,” Tutur Ahmad Afandi.

“Permasalahan septic tank dan sampah didesa saya ini menjadi momok, ada 50% warga diDusun empat Desa Betung tidak memiliki septic tank, Penghuni disana (Dusun empat -Red) sangat padat, tidak bisa septic tank untuk satu rumah satu karena memang tidak ada lahannya disana itu seharusnya dibangun IPAL Komunal,” Tutupnya.  (Saf)

About Post Author