16 Juli 2024

AKBP Rudy Junus Jacob Ledo Kapolres Terlama di-NTT Ada Apa ?

Spread the love

Kapolres Malaka AKBP Rudy Junus Jacob Ledo, SH.,S.I.K, merupakan salah satu Kapolres yang boleh dikatakan menjabat cukup lama atau ‘Kapolres terlama’ di wilayah hukum Polda Nusa Tenggara Timur (NTT). Sejak masa kepemimpinan Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, SH., M.Hum, sudah 3 kali pergantian Kapolda dan Kapolres jajaran Polda NTT. Namu AKBP Rudy Ledo belum juga di mutasi ada apa ?

Rotasi dan mutasi adalah hal biasa dilakukan di institusi kepolisian. Selain untuk penyegaran organisasi, mutasi juga sebagai bentuk promosi jabatan untuk mendapatkan karier yang lebih tinggi.

Rudy Ledo dilantik di Mapolda NTT pada Senin 14 juli 2021 menjabat Kapolres Malaka hingga sekarang.  dihitung dari 14 juli 2021 hingga 3 Juli 2024 AKBP Rudy Ledo sudah 3 tahun kurang 10 hari menjabat sebagai Kapolres Malaka

Dari hasil rangkuman media ini, banyak capaian yang berhasil dilakukan Kapolres Malaka AKBP Rudy Ledo bersama Jajarannya.

Kala itu, sebagai Polres persiapan Polres Malaka belum mempunyai markas Komando dan masih  menggunakan gedung bekas Puskesmas Betun yang dipinjam pakaikan oleh Pemerintah Kabupaten Malaka untuk dijadikan Mako Polres Malaka sementara.

Sebagaimana diketahui, Dunia, termasuk Indonesia dan Kabupaten Malaka dilanda Pandemi Covid-19 dibawah. komando AKBP Rudy Ledo jajaran Polres Malaka berkolaborasi dengan dengan semua pihak,  Pemda Dan TNI tokoh masyarakat tokoh agama dengan melakukan mobilisasi masyarakat untuk mengikuti Vaksinasi Covid-19.

Dengan cara mengerahkan semua kendaraan, untuk melakukan Vaksinasi, Hasil yang dicapai, Vaksin terhadap masyarakat dari 20 persen meningkat hingga 80 persen lebih menjangkau masyarakat dengan cara door to door.

Mengawal pembangunan Mako Polres sampai selesai dan akhirnya Polres bisa dimiliki kabupaten Malaka siap melakukan pelayanan kepada masyarakat.

Pada pemilihan kepala Desa serentak Jajaran polres Malaka berhasil dan sukses memberikan pengamanan dan kenyamanan bagi masyarakat.

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten Malaka sudah berlangsung dan tidak menyisakan masalah keamanan dan ketertiban secara terbuka. Keberhasilan Pilkades di 123 desa mendapat apresiasi dari Irjen Pol (Purn) Drs. Jakobus Jacky Uly, M.Hum, Anggota Komisi III DPR RI.

Kabupaten Malaka masuk dalam daftar 15 kabupaten di Indonesia dengan tingkat kerawanan yang tinggi pada pemilu 2024

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mengeluarkan data tersebut dalam buku Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) 2024, yang diterima Rabu, 11 Oktober 2023.

Namun pada kenyataannya, Jajaran Polres Malaka bisa memberikan pengamanan dan kenyamanan sukses secara humanis di Pilpres dan Pileg 14 Februari 2024.

Beberapa kegiatan lainya seperti Operasi Turangga, Samana Santa dan operasi – operasi lainya Kapolres dan Jajaran mampu memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat di wilayah hukum Polres setempat.

Kerukunan antar umat Beragama sebagai peningkatan Iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Polres Malaka manggalakan program bimbingan rohani dan mental (binrohtal) secara terus menerus dilaksanakan agar para anggota Polri khususnya di Polres Malaka-Polda NTT dalam melaksanakan tugas sehari-hari tidak terlupakan dalam mengingat kepada sang pencipta kita Tuhan Yang Maha Kuasa, Sehingga dalam pelaksanaan tugas dapat dibekali dengan nilai-nilai agama yang benar terhindar dari perbuatan-perbuatan yang merugikan pribadi, institusi dan masyarakat.

Kegiatan binrotal ini rutin dilaksanakan setiap hari Kamis setelah melaksankaan apel yang di ikuti oleh seluruh personil Polres Malaka yang beragama Islam di Masjid dan yang beragama kristen Gereja Oekumene-Mapolres Malaka.

Untuk diketahui, Gereja Oekumene merupakan geraja terbaik di jajaran Polda NTT yang dibangun dengan biaya Swadaya Polres Malaka, Pemda dan para pengusaha yang ada di Malaka.(NB).

About Post Author