Babinsa di Perbatasan RI-RDTL Dampingi PLN Lakukan Pemeliharaan Keandalan Sistem Distribusi Listrik

Belu.libasmalaka.com-Guna mencegah terjadinya gangguan listrik dan timbulnya korban jiwa, yang disebabkan oleh batang dan ranting pohon yang dekat dengan jaringan listrik tegangan tinggi,
Personil Babinsa Koramil 1605-01/Atambua berpartisipasi menjaga serta mengamankan kegiatan operasional PLN dalam melakukan pemeliharaan keandalan sistem distribusi listrik di wilayah ULP PLN Atambua Kabupaten Belu, Timor Barat Perbatasan RI-RDTL, Sabtu (29/8/2020)

Sejumlah pohon yang keberadaanya sangat dekat dengan jaringan listrik sengaja di tumbangkan dan dibersihkan oleh Babinsa dan petugas, agar tidak mengenai kabel listik milik PLN yang dikhawatirkan dapat mengganggu aliran listrik.Pembersihan dan pemangkasan pohon yang menghalangi kabel listrik sangat penting dilakukan, hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya konsleting listrik akibat gangguan dari ranting pohon maupun pohon tumbang.

Pendampingan pemeliharaan keandalan sistem distribusi listrik di wilayah ULP PLN Atambua dengan sasaran wilayah Kecamatan Atambua Barat, Kecamatan Kota Atambua dilakukan oleh Babinsa Serma Eka Darwis Saman, Serka Yusuf Ratu, Sertu Maximus Koli Bere.

Kegiatan pendampingan pemeliharaan keandalan sistem distribusi listrik ini merupakan kerjasama antara TNI dan PLN dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kegiatan ini berlangsung selama 2 bulan terhitung mulai tanggal 1 Agustus 2020 lalu.

Babinsa Kelurahan Bardao Serma Eka Darwis yang bertugas melakukan pendampingan mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan untuk mengamankan wilayah transmisi sepanjang jalur dari segala hal atau sesuatu yang menghalangi, sehingga tidak terjadinya gangguan listrik.

” Hari ini petugas PLN bersama Babinsa melakukan pekerjaan pembersihan dan penebangan pohon penghalang kabel listrik, tapi itu semua atas seijin dari masyarakat pemilik pohon dan selama ini tidak ada kendala yang di alami oleh PLN dalam melakukan pemeliharaan jaringan listrik,

“Jaringan kabel PLN ini harus kita perhatikan kebersihanya dan harus seteril dari gangguan ranting-ranting Pohon, karena dapat menyebabkan konsleting listrik yang dapat membahayakan masyarakat pengguna jalan,”terang Serma Eka.

Serma Eka berharap dengan adanya kerjasama ini dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat dalam hal kebutuhan listrik, dengan harapan agar aliran listrik bisa hidup dengan normal sehingga bisa melayani kebutuhan masyarakat(bgr)

Editor: Ananda Budiman

Berita Lain 👇