19 April 2024

Romo Erwin Asa :  Hidup Bahagia Hanya Diperoleh Ketika Menjalin Relasi Intim Dengan Tuhan

0
Spread the love

libasmalaka.com- Pastor Paroki Santo Mikhael Kada, Romo Erwinus Johanes Asa, Pr memimpin Perayaan Ekaristi Minggu Biasa VI dalam Tata Liturgi Katolik, Minggu (13/2/22).

Perayaan Ekaristi Kudus dihadiri Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH, MH dan Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Malaka.

Dalam kata pembukaannya, pastor tamatan Fakultas Filsafat Unwira Kupang ini menyentil Sabda Bahagia yang dikatakan Yesus kepada murid-muridNya.

“Dalam kehidupan ini setiap orang mendambakan kebahagiaan. Hidup yang berlimpah adalah hidup yang dipenuhi dengan kebahagiaan. Dan sebagai umat, kebahagiaan terindah hanya dapat diperoleh dengan menjalin relasi yang intim dengan Tuhan,” katanya.

Sementara dalam homili yang dirangkum dari 3 bacaan yakni Kitab Yeremia 17:5-8, Surat Pertama Rasul Paulus kepada Umat di Korintus 15:12. 16-20 dan Injil Lukas 6:17. 20-26 Romo Erwin mendalaminya dengan berpedoman pada kata-kata Yesus dalam Sabda Bahagia-Nya.

“Dalam hidup ada kenyataan yang bertolak belakang. Ada hitam dan putih, ada terang dan gelap, ada kaya dan miskin. Semua harus dijalani dan dirasakan sebagai seorang manusia. Namun dalam Injil, Yesus memastikan bahwa orang yang di mata manusia miskin tapi di hadapan Allah sangat kaya. Karena orang yang miskin, tak punya kedudukan, selalu dihina itulah yang selalu berharap pada Allah,” jelasnya.

Romo Erwin juga menyentil bahwasanya hidup bahagia sebagai umat Allah diperoleh ketika manusia selalu menggantungkan diri kepada Tuhan Yesus sebagai Sang Pembebas dan Penyelamat,” ujar Pastor angkatan 40 Seminari Santa Maria Imakulata Lalian

Di akhir homilinya, Romo Erwin mengajak seluruh umat agar tidak terlalu mengandalkan diri dan kemampuan dalam menghadapi situasi hidup ini.

“Harus juga senantiasa mengandalkan Tuhan dengan melibatkan sesama. Sehingga harta yang mengalir dari Allah seperti kebaikan, kebajikan dan cinta kasih tetap dirasakan dalam hidup,” katanya.

Perayaan Ekaristi Kudus dihadiri umat paroki setempat dan berlangsung hikmat(HK/EDi)

About Post Author

Tinggalkan Balasan