Cegah DBD Di Sri Pendowo, Kades Chandra Irawan Turun Langsung Lakukan Pengasapan Fogging

Cegah DBD Di Sri Pendowo, Kades Chandra Irawan Turun Langsung Lakukan Pengasapan Fogging

Lamsel, www.libasmalaka.com –  Guna antisipasi penyebaran nyamuk Aedes aegypti atau nyamuk yang dapat membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah,

Pemerintah desa (Pemdes) Sri Pendowo Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) Provinsi Lampung lakukan pengasapan Fogging.

Dari pantauan, Pewarta media ini di Dusun 03 Desa setempat, Tampak  Kepala desa (Kades) Sri Pendowo, Chandra Irawan pimpin langsung pengasapan tersebut, Minggu (13/02/2022).

Pengasapan dengan Fogging itu mulai  dilakukan secara bergiliran ke setiap dusun didesanya, yang diawali dari Dusun 03.

“Pengasapan dengan Fogging ini akan kita lakukan di setiap dusun dimulai dari dusun 03, Penyemprotan dilakukan bergilir penyemprotan dari dusun 01 sampai dusun 05 secara Estafet atau bergilir perminggu nya,” Ungkap Chandra Irawan kepada pewarta media ini disela pengasapan Fogging

Candra juga mengatakan, Menurut informasi pihak Puskesmas setempat bahwa satu warganya dirujuk ke Rumah sakit karena terjangkit demam berdarah dengue (DBD).

“Pengasapan Fogging ini adalah dalam rangka kegiatan pencegahan dan penanggulangan gejala DBD Karna warga Kita 1 orang  terjangkit positif DBD,
Untuk warga yang terjangkit penyakit DBD ini juga informasi dari Puskesmas langsung dirujuk ke rumah sakit di Kalianda,” Kata Candra.

Chandra berharap dengan kegiatan pengasapan itu, wabah DBD didesanya dapat dicegah.

“Mudah mudahan dengan penyemprotan ini  dapat mengurangi serta mencegah penyakit DBD,” Harapnya.

Orang nomor satu didesa Sri Pendowo itu juga merasa bersyukur dengan adanya dana desa (DD) Ia dapat menggarkan alat pengasapan Fogging.

“Alhamdulillah Karna kita mempunyai 2 mesin Fogging sendiri yang kita beli dari anggaran DD tahun 2021, jadi kita dapat melakukan pengasapan Fogging sendiri,” Ujarnya.

Selain pengasapan Fogging untuk DBD, Pemdes Sri Pendowo berencana akan melakukan pengasapan untuk mencegah wabah pandemi Covid-19.

“Selain fokus dalam pencegahan DBD, Kita juga fokus di pencegahan Covid-19, maka dari itu dengan 2 alat mesin fogging ini kita akan lakukan pengasapan   Covid-19 dan itu kita kita lakukan diseluruh dusun didesa ini,” Tutup Chandra Irawan.   (Jer/Saf).

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: