IBI Cabang Lamsel Kukuhkan 69 Bidan Delima, Nanang Ermanto Barharap Bidan Delima Dapat Bekerja Sesuai Standar Pelayanan

Lampung Selatan, www.libasmalaka.com – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menghadiri Pengukuhan Bidan Delima Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Lampung Selatan di Gedung Olahraga Way Handak (GWH) Kalianda, pada Kamis (23/1/2020).

Pengukuhan 69 orang Bidan Delima tersebut dilakukan oleh Ketua Pengurus Daerah IBI Provinsi Lampung, Merri Destiati, berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia Nomor 068/SKEP/PPIBI/I/2020 tentang Pengukuhan Bidan Delima Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung.

Ketua Pengurus Daerah IBI Provinsi Lampung, Merri Destiati mengatakan, Bidan Delima merupakan sistem standarisasi kualitas pelayanan bidan praktek swasta, dengan penekanan pada kegiatan monitoring dan evaluasi serta kegiatan pembinaan serta pelatihan yang rutin dan berkesinambungan.

“Bidan Delima melambangkan pelayanan yang berkualitas dalam kesehatan reproduksi dan keluarga berencana yang berdasarkan kepada kasih sayang, sopan santun, ramah tamah, sentuhan yang manusiawi, terjangkau, tindakan kebidanan sesuai standar dan profesi serta sesuai dengan etika profesi,” ujar Merri Destiati.

Dalam sambutannya, dia juga mengapresiasi IBI Cabang Lampung Selatan yang telah mengukuhkan 69 orang Bidan Delima. Dimana sebelumnya sudah ada 74 Bidan Delima yang telah dikukuhkan. Sehingga saat ini terdapat 143 Bidan Delima dari 328 bidan praktek mandiri di Lampung Selatan.

“Jadi ada 43 persen dari bidan praktek mandiri di Lampung Selatan pelayanannya itu sudah terstandarisasi secara nasional. Dan (Bidan Delima) ini terbanyak di kabupaten/kota se-Provinsi Lampung. Bahkan ada 4 kabupaten/kota yang belum memiliki Bidan Delima,” katanya.

Sementara itu, Plt Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto berharap bidan-bidan yang telah dikukuhkan sebagai Bidan Delima dapat bekerja sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan.

Ia juga meminta para bidan yang ada di desa untuk dapat menempati dan memanfaatkan seluruh POSKESDES sebagai fasilitas pemerintah untuk kelancaran pelayanan kepada masyarakat, sehingga bidan dapat dengan nyaman melayani masyarakat dan masyarakat pun aman mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Mari kita bangun bidang kesehatan dengan selalu menjaga eksistensi profesi dalam menurunkan angka kematian  ibu dan bayi sebagai karya nyata membangun dan mengangkat derajat kesehatan masyarakat. Hal ini mengingat profesi bidan merupakan ujung tombak keberhasilan pencapaian target dari Dinas Kesehatan dan Badan PP dan KB Lampung Selatan,” ujar Nanang.

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Lampung Selatan juga memberikan penghargaan kepada 19 Ranting IBI yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan pembangunan kesehatan khususnya pelayanan kebidanan di Lampung Selatan.

Selain itu Plt Bupati Lampung Selatan juga menyerahkan sertifikat dan bidan delima kit kepada Bidan Delima yang baru dikukuhkan.

“Semoga dengan penghargaan yang telah diterima dapat menjadi pemicu untuk lebih berkarya dengan baik dibidangnya,” imbuh Nanang.

Hadir dalam acara itu Dandim 0421 Lampung Selatan Letkol Kav Robinson Octovianus Bessie, anggota DPRD Lampung Selatan dari Fraksi Golkar Ahmad Muslim, Penjabat Sekretaris Daerah Lampung Selatan Thamrin beserta sejumlah pejabat utama dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan.

Kegiatan itu turut dihadiri juga oleh Ketua Bidan Delima Provinsi Lampung Nurhamidah, Ketua IBI Cabang Kabupaten Lampung Selatan Dwi Supratiningsih, Pengurus Gabungan Orgaisasi Wanita (GOW) Kabupaten Lampung Selatan serta Ketua Organisasi Profesi Kesehatan di Kabupaten Lampung Selatan. (Saf/AZ)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: