16 Juli 2024

Upaya Pencegahan Stunting di Betung, Ahmad Afandi Harap Pemkab Lampung Selatan Bangun IPAL Komunal Dan TPA Sampah 

Spread the love

Lamsel, libasmalaka.com – Salah satu langkah pencegahan stunting adalah dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) oleh setiap rumah tangga dengan meningkatkan akses terhadap air bersih dan fasilitas sanitasi, serta menjaga kebersihan lingkungan dari sampah

Hal itulah Kepala desa (Kades) Betung Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) Provinsi Lampung, Ahmad Afandi berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat untuk membantu mengatasi permasalah tanki septik atau septic tank dan tempat pembuangan akhirnya (TPA) sampah.

Pasalnya, permasalahan septic tank dan sampah didesanya menjadi momok, Ahmad Afandi menyebut ada 50% warga diDusun empat Desa Betung tidak memiliki septic tank dan terkait dengan sampah Ahmad Afandi mengatakan didesanya tidak memiliki pembuangan akhir sampah.

“Masalah septic tank Pemdes tidak bisa sendiri, kami berharap Pemkab membantu kami, Penghuni disana (Dusun empat -Red) sangat padat, tidak bisa septic tank untuk satu rumah satu karena memang tidak ada lahannya disana itu seharusnya dibangun IPAL Komunal,” Kata Ahmad Afandi saat kegiatan Rembuk stunting didesanya yang dihadiri, Septa Perdinan Sekcam Rajabasa, Purwatina koordinator Pendamping desa Rajabasa, TPPS desa, Kader, TPK KPM, Upt Puskesmas, Bidan desa, Korluh KB dan Korluh Perikanan, TP HBUN. Rabu (03/07/2024).

“Begitu juga dengan sampah, Sampah ini tidak hanya sampah dari desa kita saja, sampah dari desa tetangga pun larinya ke desa kita sementara kita tidak punya pembuangan sampah,” Imbuhnya.

Dalam permasalahan pencegahan stunting Ahmad Afandi juga mengatakan, Permasalahan tersebut diperlukanya kerjasama dan saling koordinasi antara Pemkab dalam hal ini Pemkab Lampung Selatan dan Pemerintah desa (Pemdes).

“Saya harap kepada Upt juga jangan sampai pencegahan stunting ini selalu dilimpahkan kedesa saja, seperti pemberian makanan tambahan (PMT) Pemdes tidak bisa banyak memberikanya karena banyaknya yang harus dianggarkan seperti ketahanan pangan dan lainya,” Ujar Ahmad Afandi.

“Kami Pemdes juga berharap Pemkab baik Dinas Lingkungan hidup ataupun Dinas PUPR untuk membantu permasalahan yang menjadi momok kami yakni septic tank dan sampah,” Harapanya.

Ahmad Afandi juga berharap kepada Pemkab Lampung Selatan dan Pemerintah Kecamatan setempat untuk mengerti dengan kendala yang dihadapi Pemdes Betung ketika permasalahan septic tank dan sampah belum terealisasi.

“Jadi harus tahu dan mengerti kendala yang kami hadapi jangan hanya memerintahkan kepada kami tahun ini harus bangun sementara tidak tahu kendala apa yang kita hadapi, maka dari itu kami memohon bantuan kepada Pemkab Lampung Selatan,” Tutupnya. (Saf)

About Post Author