Di Malaka Hanya 6 Parpol Teken Komitmen Bersama Sukseskan Pemilu Damai 2024 

11 Parpol tidak teken Komitmen  Bersama dalam rangka Sukseskan Pemilu Damai 2024

libasmalaka.com- Penandatanganan Komitmen Bersama dalam rangka Mensukseskan Penyelenggaraan Pemilu Damai Tahun 2024 dari 17 Partai Politik (Parpol) peserta pemilu yang melakukan tandatangan hanya 6 parpol diantaranya partai PKB, Partai Buruh, Partai Hanura, Partai PBB, Partai PSI, Partai PPP,

Sedangkan 10 parta politik diantaranya Partai Gerindra, PDI-Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Gelora, Partai PKS, Partai PKM, Partai Garuda ,Partai PAN, partai Demokrat, Partai Perindo, tidak hadir untuk melakukan penandatanganan Komitmen Mensukseskan Penyelenggara Pemilu 2024. Juga Anggota DPRD Kabupaten Malaka satu orang pun tidak nampak kehadirannya.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Malaka itu berlangsung di alun-alun lapangan umum Betun Ibukota kabupaten Malaka provinsi NTT Rabu 29 November 2023.

Ketua Bawaslu Kabupaten Malaka ,Petrus Kanisius Nahak, S.Pd, saat ditemui usai kegiatan menyampaikan sebelumnya pihaknya sudah menyebar undangan kepada setiap pimpinan parpol dan stakeholder terkait namun hingga Hari H tidak hadir.

Yaa mungkin berhalangan ucap Petrus Nahak.

Sebelumnya Ketua Bawaslu Kabupaten Malaka, Petrus Kanisius Nahak, S.Pd, dalam arahannya menyampaikan bahwa, Kita harus pastikan bahwa seluruh Pengawas Pemilu di segala tingkatan memiliki pemahaman yang mendalam terkait aturan dan regulasi terkait Kampanye Pemilihan Umum.

Oleh karena itu diharapkan kepada rekan-rekan pengawas untuk tingkatkan koordinasi baik itu di tingkat Kabupaten maupun ditingkat Kecamatan, hingga tingkat desa

Manfaatkan teknologi Pemantauan dan analis Data untuk melakukan pengawasan dan harus pastikan bahwa Tim dapat memahami dan menggunakan alat kerja tersebut secara efektif dan Efisien.

Sementara Kapolres Malaka AKBP Rudy Junus Jacob Ledo, S.H.,S.I.K, melalui Wakapolres Kompol Jeri Samzon Puling, A.Md, S.H, dalam arahannya mengatakan Kunci

Dalam proses Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, pihak Aparat Keamanan (Apkam) mempunyai peran penting dalam menjaga stabilitas keamanan

Namun, sinergitas bersama stakeholder terkait dan seluruh elemen masyarakat menjadi hal penting untuk bersama-sama mencegah terjadinya berbagai macam ancaman jelang Pemilu. Hal itu disampaikaya diacara kegiatan apel  Kesiapan Pengawasan Pemilu Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Malaka bertempat di lapangan Umum Betun ibukota Kabupaten Malaka Provinsi NTT Rabu 29 November 2023

Lanjut Wakapolres, Sinergitas lintas sektoral adalah kolaborasi antara berbagai pihak dalam masyarakat, termasuk pemerintah, partai politik, LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), dan warga negara, untuk memastikan bahwa pemilu berlangsung dengan baik, adil, dan sesuai dengan demokrasi yang sehat. Kondusifitas pemilu mengacu pada keadaan di mana pemilu dapat berjalan tanpa gangguan, ancaman, atau kekerasan yang mengancam keamanan dan ketertiban.

Tentunya diiringi dengan penguatan strategi komunikasi publik untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, hal tersebut dilakukan agar masyarakat senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Wakapolres Malaka menambahkan Bahwa Pemilu kali ini harus lebih indah lebih Damai dari pemilu sebelumnya,  Yang pertaman adalah rekan-rekan yang di depan saya adalah orang-orang hebat orang-orang terpilih oleh karena itu bekerja dengan penuh kesungguhan hati tulus dan baca setiap tahapan, karena setiap tahapan itu ada peraturan kampanyenya yang harus diikuti.

Ketika ada indikasi pelanggaran dalam Pemilu agar segera dicegah dan ditindak jangan Sampai setelah terjadi pelanggaran baru dilakukan penindakan.

Agar teman-teman pengawas Pemilihan untuk tidak mengambil kesempatan dari pelanggaran pada saat kampanye untuk mengambil keuntungan bagi diri sendiri tutur Kompol Jeri Puling sapaan Karib Wakapolres Malaka.

Wakapolres berharap agar dapat menghindari menerima suap, jangan sampai karena caleg tersebut dekat dengan kita atau keluarga kita maka kita menutup mata terhadap pelanggaran. katanya

“Terima kasih dan selamat bertugas kepada seluruh personil yang terlibat. Mari bersama-sama kita amankan pemilu 2024, demi mewujudkan visi indonesia emas 2045 yang kita cita-citakan bersama,” Ucap Wakapolres Malaka Kompol Jeri Samzon Puling. (*Edi.S)

 

About Post Author