15 Juli 2024

Terungkap Simon Nahak Tidak Pernah Mimpi Jadi Bupati

Spread the love

libasmalaka.com- Dr.Simon Nahak, S.H.,M.H, tidak pernah bermimpi jadi Bupati malaka, hal itu diungkapkannya saat membawakan kata sambutanya diacara Syukuran Pentahbisan,Rm. Wilfridus Arnoldus Astu Wungo, Bertempat di-Dusun Mesit desa kusa kecamatan Malaka Timur Kabupaten Malaka provinsi NTT, Jumat 17 November 2023.

Menurut Simon Nahak, Bupati Malaka kedua, yang bakal melaju ke periode kedua ini, “Saya tidak pernah mimpi menjadi seorang Bupati, mimpi menjadi seorang pemimpin adalah aspirasi yang sangat signifikan dan mampu memotivasi seseorang untuk mencapai tujuannya dalam hidup. Namun, perlu diingat bahwa menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah, dan persiapan serta usaha serius diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

“Apalagi kita tinggal di Daerah Perbatasan. Secara geopolitik, lanjut Bupati Simon Nahak, posisi geografisnya berbatasan dengan Kabupaten Belu di utara, Laut Timor di selatan, Negara Timor Leste di timur, serta Kabupaten TTU dan TTS di bagian barat. Secara administratif, Kabupaten Malaka yang memiliki luas wilayah mencapai 1.160,63 Km2, terbagi atas 12 kecamatan serta 127 Desa. Seluruh kecamatan di Kabupaten Malaka berada di Pulau Timor, tidak ada yang berada di pulau terpisah.

“Malaka memiliki wilayah yang berbatasan darat langsung dengan Republik Demokratik Timor Leste, batas laut Negara Australia sehingga diperlukan perhatian khusus dalam rangka menjadikan wilayah ini sebagai salah satu beranda depan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Maka dari itu, kita yang tinggal di perbatasan adalah pilihan Tuhan katanya,

“Saya terpilih menjadi Bupati, itu adalah pilihan Tuhan melalui tangan rakyat Malaka, demikian juga Rm. Wilfridus Arnoldus Astu Wungo, menjadi pemimpin umat adalah pilihan Tuhan “Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih.” Kutip Simon nahak, dari injil Matius 22:14.

Pada kesempatan ini atasnama pemerintah dan masyarakat mengucapkan proficiat kepada Romo Wilfridus Arnoldus Astu Wungo, ini merupakan anugerah yang luar biasa bagi Pemerintah Kabupaten Malaka karena tertuang dalam visi dan misi menyebutkan, salah satuya adalah Memperkokoh adat istiadat, seni budaya, olahraga dan kerukunan kehidupan beragama. Jelas Bupati Malaka.

la juga mengajak umat turut serta mambangun pelayanan iman katolik dengan menciptakan biarawan/biarawati baru.

“Ini menjadi momentum kita bersama agar banyak anak-anak kita terpanggil untuk menjadi pastor, bruder dan suster”, harap Simon Nahak.

Terpantau di penghujung acara Bupati memberikan tandamata Berupa jubah Pastor, Ajudah dan Bahan seragam Koor Stasi Sitru’a Paroki Kristus Raja Seon.

Penulis Edi S.

Editor Ananda Budiman 

About Post Author