23 Juli 2024

Pembangunan Desa 2024, Pemdes Rajabasa Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur Dan SDM Remaja

Spread the love

Lamsel, libasmalaka.com – Kepala desa (Kades) Rajabasa Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung, Hermansyah, HR. mengatakan pada 2024 Pemdes setempat memprioritaskan pembangunan infrastruktur dan Pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Hal itu dikatakan Hermansyah, HR. usai acara Musyawarah rencana pembangunan desa (MusrenbangDes) tahun anggaran (Ta) 2024 diaula desa setempat, Kamis (09/11/2023).

Dikatakannya, Pembangunan SDM di masyarakat terutama SDM pada remaja sangatlah penting dilakukan oleh Pemdes dengan tujuan menimalisir adanya kenakalan yang dilakukan oleh anak remaja di desanya.

“Salah satu yang dapat membangun desa ini lebih maju lagi yakni adanya pembangunan SDM masyarakatnya, dan itu harus kita lakukan membangun SDM terutama lagi SDM pada anak remaja kita,” Katanya.

“Dalam hal ini kita akan prioritaskan pada pembangunan 2024, jadi tak hanya infrastruktur tapi SDM masyarakat juga kita prioritaskan,” Imbuhnya.

Pemdes Rajabasa akan berencana membuat pelatihan-pelatihan serta kegiatan positif untuk para remaja didesanya.

“Rencana itu sebenarnya sudah ada dibenak saya insya Allah kita akan laksanakan di 2024, termasuk rencana pembangunan infrastruktur yang memang telah kita sepakati juga pada musyawarah sebelumnya, nanti kita lihat , aturan penggunaan dana desa (DD) dan tentunya juga Peraturan Bupati (Perbup) nya juga,” Ujarnya.

Dirinya juga berharap kepada seluruh anak remaja didesa agar tetap menjaga rasa persatuan serta kekompakan dalam membangun desa yang maju.”Melalui Karang Taruna sebagai wadah para pemuda ataupun remaja dapat melakukan kegiatan positif sehingga desa kita ini bisa maju,” Harap Hermansyah. HR.

Hal serupa juga disampaikan Ketua BPD Rajabasa, Raden Permata. M . Pihaknya mendukung langkah program Pemdes dalam hal ini membangun SDM masyarakat terutama SDM pada remaja.

“Pemdes telah menyiapkan sarana oleh raga untuk pemuda tinggal pemudanya dapat mendapatkan sarana itu, dan juga kita harus lihat apa yang disukai oleh Pemuda itu, kalau dia suka di kegiatan olahraga , yah kita harus menyiapkan atau suka di kegiatan sanggar, yah , kita siapkan juga,” Ungkapnya.

Terpisah, Sebelumnya, Komaruddin Sekcam Rajabasa pada sambutanya di MusrenbangDes menyampaikan, Dalam menggunakan dana desa (DD) tak hanya pembangunan infrastruktur saja akan tetapi perlunya pembangunan SDM.

“Selain Pembangunan Infrastruktur kita juga harus ada pembangunan SDM, Jadi tak hanya infrastruktur saja, SDM masyarakat terutama SDM pada remaja perlu kita lakukan agar anak muda kita selalu berbuat positif, tidak ada lagi tawuran sesama pemuda kalau pemuda kita melakukan hal positif,” Tutupnya.

MusrenbangDes Rajabasa dihadiri , Sekcam Rajabasa, Drs. Komaruddin, BPD Rajabasa, Raden Permata, M, PKK, LPM, Pendamping Desa, UPT SE Rajabasa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta tokoh masyarakat.   (Saf)

About Post Author