23 Juli 2024

Peduli Lingkungan, Sinergitas Muspika Arosbaya Kerja Bakti Bersihkan Sampah

Spread the love

Bangkalan – Libas Malaka

Permasalahan sampah masih menjadi persoalan klasik yang perlu mendapat perhatian serius oleh semua pihak. Tanggung jawab ini tidak hanya menjadi tugas pemerintah, namun masyarakat turut memiliki andil untuk penyelesainnya.

Seperti halnya di Desa Buduran, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, meski Dinas Lingkungan Hidup telah melakukan berbagai upaya akan tetapi masalah sampah masih saja tak kunjung tuntas.

Melihat hal tersebut, Muspika Arosbaya bersama dengan masyarakat sekitar pada sore hari kompak bergotong royong, membersihkan lingkungan tersebut agar menjadi asri, Selasa (17/10/2023).

Dihadiri pula Camat Arosbaya Agung Firmansya, Kades Buduran Kecamatan Arosbaya Moh Hendri Anas, Bhabinkamtibmas Buduran Bripda Yunus, Babinsa Buduran, Staf kecamatan dan Desa, TPS3R Desa Candagah, serta dibantu warga sekira 50 orang, bahu membahu melaksanakan aksi pungut sampah.

Hal ini disampaikan Kapolsek Arosbaya Iptu Eko Sys Purnomo saat dikonfirmasi di Polres Bangkalan bahwa kegiatan membersihkan sampah ini dilaksanakan dengan mewujudkan lingkungan menjadi bersih dan asri, sehingga masyarakat sehat dan kuat.

“Gotong royong ini semakin membuat kuatnya sinergitas antara warga dengan Polri dan pemerintah. sekaligus akan dilakukan pemasangan banner himbauan “Dilarang Membuang Sampah Sembarangan,” ucapnya.

Melalui Bhabinkamtibmas, Iptu Eko menitipkan pesan agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan karena akan berdampak menjadi lingkungan kotor sehingga menimbulkan banyak penyakit.

“Minta tolong diperhatikan kepada seluruh warga untuk benar-benar lebih peduli terhadap lingkungannya. Bisa lakukan pemisahkan sampah organik dan non organik agar bisa didaur ulang sampah organik untuk di jadikan pupuk, kurangi pemakaian kantong plastik, sampah kaca, karena itu sifatnya susah diurai, bahaya apabila termakan oleh binatang, dan selain itu sampah bisa menyumbat saluran air sehingga menjadi banjir apabila tiba hujan,”

(M. Fauzi / M. Rafik)

About Post Author