3 Mei 2024

Ini Pesan Bupati Malaka Pada Tri Hari Suci yang Dirayakan Umat Katolik 

0
Spread the love

libasmalaka.com- Seluruh umat Katolik di seluruh dunia termasuk yang ada di Kabupaten Malaka sedang merayakan Tiga Hari Suci dalam Kalender Liturgi Gereja Katolik.

Tiga Hari Suci itu yakni Kamis Putih sebagai perayaan kenangang akan Perjamuan Tuhan bersama para murid, Jumat agung sebagai perayaan kenangan akan sengsara dan wafat Tuhan dan Sabtu Alleluya sebagai perayaan kenangan Kebangkitan Tuhan.

Tiga Hari Suci itu diimani umat Katolik dan masih tetap berlangsung hingga saat ini.

Berkaitan dengan perayaan tersebut, Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH, MH, ketika dikonfirmasi Kamis, 6 April 2023 memberikan pesan-pesan berikut.

Pertama, agar seluruh umat Katolik di Malaka dapat merayakannya secara baik sesuai dengan proses yang dilewati seperti Masa Prapaskah hingga Paskah nanti.

“Semua orang Katolik yang merayakannya dapat menghayati Tri Hari Suci ini seturut proses yang terjadi dalam gereja,” kata Bupati Malaka.

Kedua, Bupati Malaka memberikan pesan agar seluruh umat Katolik yang merayakan Tri Hari Suci harus mengutamakan nilai-nilai kedamaian dan kenyamanan.

“Tri Hari Suci mengajarkan umat Katolik untuk hidup secara baik, damai dan nyaman. Bawalah kedamaian dalam hati, bawalah cinta dalam diri dan tularkan kepada sesama. Bawalah nilai pelayanan, untuk saling berbagi dan melayani demi kehidupan yang lebih baik,” tandas Bupati SN.

Pesan ketiga yang disampaikan Bupati Malaka agar situasi, kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat selalu terjaga dengan baik.

“Pemerintah dan gereja memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat agar Tri Hari Suci yang dirayakan di Gereja, di Kapela berlangsung dalam keadaan aman dan tertib. Kita harus menjaga situasi mulai dari diri, keluarga, sesama dan lingkungan,” ujar Bupati Malaka lagi.

Secara khsusus kepada para ASN Malaka beragama Katolik yang sementara merayakan Tri Hari Suci bersama keluarga, Bupati Malaka mengingatkan agar menyampaikan pesan-pesan ini kepada masyarakat.

Sebaga info, selama Tri Hari Suci berlangsung Bupati Malaka bersama keluarga merayakan di paroki yang ada di Malaka seperti Weoe, Webriamata, Kleseleon, Besikama dan Betun.

Sumber : kominfomalaka

About Post Author

Tinggalkan Balasan