18 April 2024

Muskab HKTI Lamsel, Umar Ahmad Harap HKTI Berkoordinasi Dan Bersinergi Dengan Pemerintah Daerah Diwilayahnya

0
Spread the love

Lamsel, www.libasmalaka.com – Ketua Himpunan Kerukunan Tani (HKTI) Provinsi Lampung, Hi. Umar Ahmad, SP  berharap HKTI Kota/Kabupaten berkoordinasi dan bersinergi dengan Pemerintah daerah di wilayahnya.

Hal itu disampaikan, Umar Ahmad saat memberikan sambutan di Musyawarah Kabupaten (Muskab) HKTI Lampung Selatan yang digelar di Villa Munca Indah Desa Canti Kecamatan Rajabasa, Kamis 06/10/2022).

Umar Ahmad katakan, HKTI adalah bagian dari untuk membantu Pemerintah yakni mitranya Pemerintah.

“Jadi komunikasi nya dibangun dengan baik dan sinergitas nya pun di bangun dengan baik dengan Pemerintah, Jadi kepada pengurus DPD Kabupaten, DPC tingkat Kecamatan agar selalu berkoordinasi dan bersinergi bersama Pemerintahnya,” Kata Umar Ahmad.

Kembali Umar Ahmad katakan, Jika koordinasi dan bersinergi dengan Pemerintahnya dilakukan oleh seluruh pengurus HKTI baik dari DPC hingga DPD maka apa yang menjadi programnya Pemerintah terutama dipertanian bisa melalui HKTI.

“Kita ini mitranya Pemerintah, Kita juga yang menjembatani petani kepada Pemerintah, Jadi saya kira ini suatu keharusan kalau kita bersinergi dan juga berkomunikasi dengan baik bersama Pemerintah,” Ujarnya.

Pada sambutan sebelumnya, Staf ahli Bupati bidan Ekobang Kabupaten Lampung Selatan, Yespi Qori, SH MM mewakili Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengungkapkan, Pemerintah daerah (Pemda) Lampung Selatan menyambut baik serta memberi apresiasi adanya Muskab HKTI Lampung Selatan.

Dikatakannya, Pemda Lampung Selatan berharap adanya Muskab HKTI di Lampung Selatan dapat menjadi pembenaran organisasi yang sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART).

“Saya percaya HKTI Lampung Selatan akan membawa perubahan yang penting dalam tubuh organisasi dan memberikan yang terbaik bagi kepentingan masyarakat petani kita karena eksistensi HKTI sangat ditunggu oleh masyarakat petani,” Ungkapnya.

HKTI sebagai jembatannya masyarakat petani maka sudah sepatutnya pengurus HKTI dekat dengan petani dan memperjuangkan nasib petani

“HKTI harus menjadi solusi bagi petani, ketika muncul persoalan yang berkenaan dengan kelangkaan pupuk misalnya atau ketika petani mengalami gagal panen HKTI harus hadir sebagai solusi bagi mereka (petani -Red),” Tandasnya.

Masih dalam ungkapanya, Yespi Qori mengatakan, Dengan adanya Muskab HKTI Lampung Selatan itu, HKTI dapat meningkatkan perananya dalam membangun sektor pertanian.

“Saya sarankan kepada pengurus HKTI yang baru agar segara konsultasi baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan, desa maupun tingkat Gapoktan,” Ucapnya.

Pada sambutan sebelumnya juga, Agus Setiawan Ketua HKTI Kabupaten Lampung Selatan menuturkan, HKTI Lampung Selatan selama ini memiliki 2 program yaitu program pengembangan dan pembinaan.

“Selama perjalan kita pengembangan pada  kelompok tani adalah penanaman bibit kelor  dan pengembangan bibit sereh dan kita juga sudah memberikan pembinaanya,” Tutur Agus

Agus juga mengatakan, selain kedua program tersebut, HKTI juga memilik program pengawasan namun pada program itu pihaknya merasa kesulitan terutama pada pengawasan kelangkaan pupuk subsidi.

Agus Setiawan berharap HKTI terutama HKTI Lampung Selatan untuk dilibatkan oleh Pemda dalam mengawasi kelangkaan pupuk subsidi

“Teman-teman kita terutama di PAC Kecamatan petaninya curhat ketika dibutuhkan pupuk subsidi pupuknya tidak ada dan ini merupakan isu tahunan, pupuk dari distributor ke kios kami tidak tahu berapa yang didistribusikan karena kami tidak memiliki datanya, disinilah kami kesulitan didalam pengawasan tersebut,” Pintanya.

Diakhir ungkapanya, Agus Setiawan menyampaikan keluhan petani yang mana jika petani mengalami hasil panen besar harga beras turun anjlok jadi biaya operasional dengan hasil yang diterima itu tidak sesuai.

Terkait hal itu, Agus Setiawan berharap  kepada Pemda Lampung Selatan dapat menampung hasil panen petani di BUMD milik Pemda Lampung Selatan.

“Di Lampung Selatan ini ada BUMD namanya BUMD Lampung Selatan Berjaya, yang dimana BUMD ini juga menerima beras, kami berharap mohon disampaikan kepada Bupati Lampung Selatan beras hasil panen petani bisa ditampung oleh BUMD tersebut,” Tutupnya.

Muskab HKTI Kabupaten Lampung Selatan dihadiri seluruh pengurus PAC HKTI di 17 Kecamatan, Pengurus HKTI Provinsi Lampung, Perwakilan dinas Pertanian, Perikanan , Ekobang Kabupaten Lampung Selatan, Kepala Desa Canti, Jahidin, Sekcam Rajabasa, Komaruddin, (Saf)

About Post Author

Tinggalkan Balasan