2 Mei 2024

Satgas Pamtas Yonif RK 744/SYB Selain Jaga NKRI Bantu Atasi Kesulitan Warga

0
Spread the love

libasmalaka.com-Hadirnya Satgas Pamtas Yonif RK 744/SYB di Perbatasan RI-RDTL selain untuk menjaga keutuhan NKRI, juga untuk membantu mengatasi kesulitan warga masyarakat, seperti yang dilakukan Prajurit Pos Koki Turiscain yang membantu merelokasi makam para leluhur adat di Dsn Fohomaek, Raihat, Belu, NTT, Sabtu (24/9/2022).

Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB Letkol Inf Yudhi Yahya, S.H., dalam keterangan tertulisnya di NTT.

Dikatakan Dansatgas, bahwa hal tersebut merupakan suatu kehormatan bagi Satgas, karena dipercaya oleh masyarakat untuk membantu mengangkat dan merelokasi jasad para leluhur yang sangat dihargai dan dihormati oleh suku Sasulit di Dusun Fahomaek.

“itu merupakan suatu kehormatan bagi kami, dipercaya oleh masyarakat untuk membantu relokasi jasad para leluhur yang sangat dihargai dan dihormati oleh suku Sasulit” ujar Dansatgas.

Dijelaskannya bahwa pengangkatan jasad para leluhur tersebut merupakan warisan adat suku Sasulit yang dianggap sakral, sehingga kegiatan ini merupakan kegiatan yang perlu dilestarikan dan dijaga, mengingat bahwa di era modern sekarang ini, hal-hal yang berkaitan dengan keadatan mulai tergerus oleh masa.

lebih lanjut, hal tersebut dibenarkan oleh Lettu Inf Mukmin selaku Dankipam II Pos Koki Turiscain, yang secara langsung turut hadir dalam kegiatan pengangkatan dan relokasi jasad para leluhur suku Sasulit tersebut.
“suatu kehormatan bagi kami, dipercaya untuk membantu kegiatan yang cukup sakral ini”. ujarnya

Lebih lanjut dikatakan, bahwa kegiatan adat yang sakral ini, jangan sampai ditinggalkan apalagi dilupakan, mengingat bahwa kita ada sampai dengan saat ini tidak terlepas dari kehidupan masa lalu yang telah diperjuangkan oleh para leluhur kita.(*)
Editor Ananda Budiman

About Post Author

Tinggalkan Balasan