Mulai Verifikasi KPM BLT DD Ta 2022, Deni Roziansyah Rapatkan Aparatur Dan Seluruh RT

Mulai Verifikasi KPM BLT DD Ta 2022, Deni Roziansyah Rapatkan Aparatur Dan Seluruh RT

Lamsel, www.libasmalaka.com –  Dalam rangka memverifikas data bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD) Desa Kota Guring Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) Provinsi Lampung, Kades Kota Guring, Deni Roziansyah rapatkan aparatur dan seluruh RT di Kantor desa setempat, Kamis (27/01/2022).

Rapat itu juga, dihadiri, Pendamping lokal desa (PLD), Fabri Firdaus, Pendamping desa Kecamatan Rajabasa, Purwatina, Bhabinkamtibmas Kota Guring,  Aiptu Riyantoni.

Pada kesempatan itu, Deni Roziansyah menghimbau kepada aparatur dan seluruh RT untuk mendata KPM yang akan mendapatkan BLT DD tahun anggaran 2022.

“Saya harap pendataan KPM BLT DD nanti petugas dilapangan harus teliti, dalam pendataan nanti akan didampingi Bhabinkamtibmas dan pendamping desa,” Ujarnya.

Deni juga meminta kepada aparatur dan seluruh RT untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa Pemerintah desa telah semaksimal mungkin untuk mendata warganya agar mendapatkan bantuan sosial terutama bantuan BLT DD.

“Bila dalam pendataan nanti ada masyarakat yang tidak masuk ke data BLT DD tahun 2022, Kami Pemdes meminta maaf, karena dalam data BLT DD tahun 2022 sudah ditetapkan oleh Perpres no 104 sebanyak 40 % , jadi kalau menurut pagu anggaran DD itu kita hanya mampu memberikan BLT DD kepada 71 oranng, atau KPM” Katanya.

Hal serupa juga disampaikan, Fabri Firdaus, Ia mengatakan, Dalam pendataan serta verifikasi KPM BLT DD Kota Guring, Pihaknya hanya selaku pendamping.

“Saya beserta Bhabinkamtibmas hanya pendamping saja, keputusan berapa dan siapa yang berhak menjadi KPM keputusanya ada di Pemdes, Maka dari itu saya harap kita harus jeli dan teliti dalam menentukan KPM,” Tandasnya.

Terpisah, Usai rapat,  Deni Roziansyah mengungkapkan, Sebanyak 105 KPM BLT DD tahun 2021 kembali didata oleh aparatur desa dan seluruh RT.

“105 KPM BLT DD 2021 itu adalah sisa KPM PKH dan BPNT jadi pada tahun 2021, 105 KPM itulah yang mendapatkan BLT DD 2021, dan sekarang ini 105 KPM itu kita data kembali untuk diverifikasi untuk mendapatkan BLT DD tahun 2022,” Ungkapnya.

Dalam Perpres no 104, BLT DD tahun anggaran 2022 telah ditetapkan sebanyak 40%, Deni katakan, Dari Perpres tersebut Desa Kota Guring hanya mampu memberikan dana BLT kepada 71 KPM.

“Pagu anggaran DD kita untuk BLT DD sebanyak 254 juta, itu sudah di 40% nya. Jadi dengan jumlah itu kalau kita bagikan kepada KPM, yah hanya 71 KPM saja,” Imbuhnya.

Diakhir ungkapanya, Deni Roziansyah berharap kepada masyarakat Desa Kota Guring untuk tidak berkecil hati jika tidak mendapatkan BLT DD tahun 2022, akan tetapi pihaknya tetap berusaha agar masyarakat Kota Guring mendapatkan bantuan sosial.

“Untuk masyarakat yang memang layak mendapatkan bantuan sosial saya harap jangan berkecil hati, Kami hanya mampu 71 KPM saja untuk BLT DD, walau bagaimanapun kita akan terus berusaha memasukan data masyarakat tersebut di data Bansos PKH dan BPNT, tapi kita lihat dulu data Bansosnya sudah itu baru kita masukan data KPM yang ada di desa ini,” Tutupnya.

Untuk diketahui, Usai rapat juga, Aparatur desa terdiri dari Kaur Kesra, Kaur Pelayanan, Kaur Pemerintahan Kadus dari dua dusun dan seluruh RT serta Pendamping lokal desa (PLD) dan Bhabinkamtibmas terjun langsung kelapangan untuk mendata dan mengecek masyarakat yang benar-benar berhak mendapatkan BLT DD tahun anggaran 2022. (Saf)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: