Dudi Hermana Perintahkan Satgas Covid-19 Desa Bumidaya Cek Kesehatan Pemudik

Lamsel, www.libasmalaka.com – Kades Bumidaya Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) Dudi Hermana, perintahkan Satgas Covid-19 desa setempat untuk mengecek warganya yang baru datang dari luar kota maupun luar provinsi.

Anggota Satgas Covid-19 Desa Bumidaya menunjukkan ruang isolasi bagi warga terpapar virus Covid-19

Hal itu diungkapkan, Dudi Hermana di ruang kerjanya saat bincang-bincang bersama pewarta, Kamis (06/04/2021).

Dudi ungkapkan, Satgas Covid-19 desa Bumidaya berupaya sekuat tenaga mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 di desa.

“Kita memang sudah siapkan Posko Covid-19 dari jauh hari, di posko itu kita siap ruang isolasi bagi warga yang baru datang dari perantauan dan jika warga tersebut terpapar virus Corona maka kita isolasi diruang posko Covid-19,” Ungkapnya.

Untuk mengontrol ada atau tidaknya warga yang mudik kedesa, Petugas Covid-19 melalui RT melakukan patroli di wilayahnya.

“RT kita akan berpatroli untuk mengecek warganya, dan jika memang ada nantinya RT dan bidan desa akan mengecek kesehatan warga itu sendiri dengan mengecek suhu, menanyakan riwayat penyakit, dan menghimbau untuk tidak keluar dulu dari rumah atau isolasi mandiri,
dan juga kita menawarkan jika ingin isolasi di Posko maka kita juga akan membawanya ke posko Covid-19” Lanjutnya.

Untuk patroli ke wilayah, Pemerintah desa Bumidaya menyediakan kendaraan roda dua (motor -Red).

“Kita siap motor untuk patroli nya bang, kita beli dengan sumber dana PAD (pendapatan asli desa) Bumidaya.

Hal serupa juga di ungkapkan Edi Susanto Ketua Satgas Covid-19 Desa Bumidaya, Edi katakan, Untuk mengantisipasi adanya virus yang di bawa oleh pemudik Pihaknya melakukan pengawasan dengan mengecek kesehatan pemudik.

“Untuk pengamanan dan pencegahan penyebaran virus Covid-19, Pemudik akan di cek, jika ia terpapar kita sudah siapkan ruang isolasi di Posko, dan untuk pengecekan disetiap Rt, maka Pak RT nya lah yang akan patroli mengecek warganya,” Tutup Edi Susanto. (Saf).

Berita Lain 👇