19 April 2024

Relawan Desa Sukaraja Ikuti Pelatihan SDGs, Sinarti Harap Data Terupdate Dengan Benar

0
Spread the love

Lamsel, www.libasmalaka.com – Dalam rangka pemutakhiran data indeks desa membangun (IDM) berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) desa atau tujuan pembangunan berkelanjutan desa Pemdes Sukaraja Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) lakukan pelatihan SDGs, Kamis (25/03/2021).

Kegiatan yang dilakukan diBalai desa Sukaraja itu dihadiri, Rika Wati, S, STP, MM. Camat Palas, M. Suyadi Kasi Ekobang Kecamatan Palas, Indah Mustika Wuni PLD Palas.

Pada sambutannya, Sinarti meminta kepada peserta untuk mendengarkan dan memahami apa yang di sampaikan oleh Pendamping.

“Pelatihan SDGs ini adalah yang pertama kali, jadi saya pinta kepada peserta yakni para relawan untuk dapat menyimak apa yang disampaikan oleh Pendamping desa kita,” Pintanya.

Sinarti berharap dalam pendataan kependudukan nanti dapat akurat dan terupdate dengan baik.

“Jika nanti sudah memahami apa yang disampaikan oleh Pendamping, harapan saya disaat mendata nanti dapat terupdate dengan baik dan benar,” Imbuhnya.

Lanjutnya, Rika Wati Camat Palas mengatakan, Pengolahan lebih lanjut dalam Sistem Informasi Desa menghasilkan rekomendasi perbaikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka mencapai tujuan-tujuan dalam SDGs desa.

“Sesuai dengan Permendesa Nomor 21 tahun 2020, seluruh proses pendataan SDGs Desa didanai oleh Dana Desa, dan dapat diperluas dengan sumber-sumber pendanaan yang sah,” Terangnya.

Sesuai dengan Permendesa PDTT Nomor 21/2020, data SDGs desa adalah milik desa, sehingga pendataan SDGs Desa dilaksanakan dengan metode sensus partisipatoris.

“Artinya, data dikumpulkan dari informasi di dalam desa, dilaksanakan oleh desa sendiri melalui Pokja Relawan Pendataan desa,”Ujar Rika Wati.

Diakhir sambutan, Kembali Rika menerangkan, Untuk keperluan pembangunan dan pemberdayaan masing-masing desa sendir, Dimensi partisipatoris meningkatkan validitas data SDGs desa.

“Adapun dimensi sensus artinya mengambil data seluruh wilayah desa dan RT, serta mengumpulkan data dari seluruh keluarga dan warga desa, pada masa pandemi Covid-19 ini saya harap kepada para relawan untuk mentaati Prokes,” Tutupnya. (Saf)

About Post Author

Tinggalkan Balasan