Bumdes Malaka Harus Bisa jadi Wadah Tingkatkan Ekonomi Rakyat

libasmalaka.com – Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) harus bisa menjadi wadah untuk meningkatkan ekonomi rakyat di desa.

Sejak Program ini diluncurkan banyak desa yang membentuk Bumdes di desanya  namun belum survive sesuai harapan bersama.

Dari 127 desa  di Malaka hanya empat desa yang BumDesnya masih berjalan normal yakni BumDes Desa Wehali dan Kakaniuk di  Kecamatan Malaka Tengah, Desa Lamea di Kecamatan Wewiku dan Desa Io Kufeu di  Kecamatan Io Kufeu.

Dalam menghadapi situasi diatas Bumdes yang sudah dibangun di desa harus berbanah diri dengan penataan management Bumdes, Penataan SDM Pengelola termasuk penyiapan rakyat untuk terlibat didalam usaha Bumdes yang berorientasi untuk kesejahteraan masyarakat.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Malaka mengatakan hal itu saat dihubungi   wartawan di Betun, Sabtu (26/12-2020).

Dikatakannya, kalau Bumdes mau hidup dan berkembang di desa  maka perlu dilakukan penataan di berbagai lini.

Bumdes harus dikembalikan kepada tujuan pendiriannya sebagai  mesin untuk menggerakan roda perekonomi di  desa sehingga  dalam pengrlolaannya harus diatur  secara profesional dan akuntabel.

Dijelaskannya, inisiasi pembentukan Bumdes harus  berdasarkan kebutuhan masyarakat dan potensi desa sehingga proses pengelolaannya oleh masyarakat  bersama pemerintah desa.

“Namun yang menjadi problem adalah tingkat partisipasi masyarakat untuk mengelola potensi yang ada masih rendah sehingga BumDes yang dibentuk hanya sebagai pelengkap administrasi yang tidak  berkontribusi positif untuk kemajuan daerah atau desa setempat padahal  desa yang maju, kuat dan mandiri dapat dilihat dari kesejahteraan masyarakat yaitu melalui aspek sosial dan ekonomi.

“Setiap  tahun desa diberikan dana penyertaan modal  BumDes dengan  nilainya bervariasi kisaran Rp 40 juta sampai Rp 100  juta perdesa tapi proses pengelolaan masih dibawah  standar bahkan tidak berjalan secara optimal sehingga dana yang ada dikembalikan ke kas desa dan sisanya bayar gaji pengurus BumDes(Bn-Edi)

Berita Lain 👇