Partai Golkar Gelar Training of Trainer Kepada Para Saksi Se-Kecamatan Malaka. Ini Kata SBS

Malaka.Libasmalaka.com–Menjelang Pemilihan Serentak Kepala Daerah yang akan digelar pada tanggal 9 Desember mendatang Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Kabupaten Malaka menggelar kegiatan pelatihan bagi para pelatih saksi tingkat Kecamatan se-Kabupaten Malaka.

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari tersebut dilaksanakan di sekretariat Partai Golkar Kabupaten Malaka Haitimuk, Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka, Provinsi NTT, Jumat (20/11/2020) .

Bupati Perdana Kabupaten Malaka yang sedang cuti kampanye untuk kembali menjadi Bupati di periode 2021-2026 Stefanus Bria Seran saat memberikan pengarahan dalam kegiatan Training of Trainer Badan Saksi Golkar Kabupaten Malaka di Haitimuk- Kabupaten Malaka, Jumat (20/11/2020) mengatakan

”Terima kasih kepada Ketua Partai Golkar mulai dari tingkat Pusat, Provinsi dan Kabupaten yang memiliki perhatian besar melakukan pelatihan kepada para saksi”

”Dalam kesempatan yang berbahagia ini kami sampaikan terima kasih kepada Ketua Partai Golkar mulai dari tingkat Pusat, Provinsi dan Kabupaten Malaka yang memberikan kepercayaan kepada paslon SBS-WT supaya setelah terpilih bekerja untuk rakyat melalui program-program pro rakyat”

Dijelaskannya, pelatihan bagi pelatih bagi saksi di TPS merupakan sarana yang sangat bagus untuk menularkan ilmu pengetahuan dengan harapan setelah pelatihan ini bisa membagikan ilmu pengetahuannya bagi para saksi di TPS.

”Saksi itu orang yang berani menyatakan kebenaran sesuai dengan apa yang dia lihat , apa yang dia dengar. Saksi itu pewarta kebenaran sehingga tidak boleh takut”

”Ada dua modal yang harus dimiliki seorang saksi yakni punya ilmu pengetahuan termasuk mengetahui cara mengatasi penipuan-penipuan saat pilkada”

”Seorang Saksi Jangan mabuk, jangan mata keranjang dan jangan mudah dibeli.”tegas SBS

Sementara itu Sekretaris Badan Saksi Nasional (BSN) Partai Golkar Provinsi NTT, Nikson Messakh mengatakan output dari hasil pelatihan ini dikaji dengan pre test kemudian diberikan materi dan ditutup dengan post test.

“Sehingga kegiatan ini kedepan sebelum bulan November kita segera melakukan bimbingan teknis bagi para saksi TPS. Dan itu pelaksanaanya di tingkat Kecamatan sesuai dengan perencanaan teman-teman BSN Kabupaten Malaka,”ujar Nikson.

Lanjut Nikson, mungkin ada tiga titik yang akan dilakukan ditingkat Kecamatan dan itu pelatihnya adalah teman-teman hasil dari pada test hari ini yang ditambah dengan teman-teman yang kemarin ikut di tingkat Provinsi, serta satu orang dari BSN Provinsi sebagai monitoring, jelas Mantan Anggota DPRD Kota Kupang ini.

Ketua Badan Saksi Partai Golkar Kabupaten Malaka, Petrus Nahak juga mengatakan kegiatan Training of Trainer ini bersifat permanen yang berlaku selama lima tahun dan untuk Kabupaten Malaka yang mengikuti kegiatan hari ini sebanyak 33 orang yang berasal dari setiap Kecamatan ada 3 orang dan semuanya lulus kegiatan hari ini.

“Hal ini kita siapkan karena partai Golkar juga salah satu partai pengusung Paslon SBS-WT pada Pilkada tahun ini. Maka kita persiapkan ini supaya mereka bisa bekerja dan mengawal suara kita pada tanggal 9 Desember mendatang karena hari ini mereka sudah mendapatkan materinya.

Kita juga berharap supaya pilkada kali ini jangan ada kecurangan, nantipun kalau ada maka saksi kita ini yang akan bergerak untuk mengawal,”ujar Petrus.

Lanjutnya, Kalau untuk saksi di kabupaten Malaka dibutuhkan 36 orang dan di TPS itu dibutuhkan 395 orang.

“Artinya setiap TPS kita punya satu orang saksi dari Partai Golkar.

Tadi kita juga sudah buat Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) untuk bimtek lanjutan kepada para saksi kita di tingkat TPS dan itu akan dilaksanakan pada Minggu depan, dan teman-teman yang tadi sudah ikut TOT akan memfasilitasi untuk saksi kita di TPS,”jelasnya.

Ananda Budiman

Berita Lain 👇