Peringati Maulid Nabi Muhamad Saw, Pemdes Kerinjing Beserta Warga Gelar Riungan Juadah

Lamsel, www.libasmalaka.com – Pemerintah desa beserta warga Kerinjing Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan gelar acara Riungan juadah di masjid Baiturrahman desa setempat, Sabtu (7/11/2020).

Riungan juadah merupakan bentuk rasa syukur warga kepada sang pencipta, Riungan Juadah juga digelar pada saat warga sekitar memperingati Maulid Nabi Muhamad Saw.

M.Sabit Pj Kades Kerinjing menerangkan, Kegiatan Riungan Juadah merupakan sebutan warga yang artinya bersedekah, Acara tersebut rutin dilakukan di Desa Kerinjing saat memperingati Maulid Nabi Muhamad Saw.

“Sudah jadi tradisi disini setiap memperingati Maulid Nabi kita Nabi Muhamad Saw kita ada acara Sedekahan atau Riungan Juadah kalau warga disini menyebutnya,” Terang M. Sabit.

Dirinya bersyukur disaat masa pandemi virus Covid-19 warga beserta Pemdes Kerinjing dapat melaksanakan acara itu.

“Warga kita bisa melaksanakan acara ini di masa Corona, dan kita pun sangat bersyukur sekali, Alhamdulillah acara tahunan ini bisa kita laksanakan, kita bisa buat Hancengan yang bentuknya bermacam-macam ada yang bentuk perahu dan lain sebagainya yang dihiasi macam-macam makanan dan bendera dari uang yang nantinya akan kita sajikan sebegai oleh-oleh tamu kita,” Ucapnya.

Riungan Juadah merupakan adat dan budaya yang memiliki banyak Makna diantara saling berbagi kepada sesama yang artinya dapat menciptakan kerukunan antar sesama.

“Jadi bagi kita acara ini wajib kita lakukan, Sebagai umat Islam kita perlu bersatu dan menciptakan kerukunan antar sesama seperti yang telah diajarkan oleh baginda alam nabi Muhammad Saw kepada kita,” Ungkapnya.

Dalam pelaksanaan Riungan Juadah tersebut Desa Kerinjing menjadi tuan rumah sementara tamunya adalah warga dan Pemdes Cugung.

“Kita bergantian tempat dengan desa tetangga yakni Desa Cugung, dan saat ini Desa Cugung lah yang menjadi tamu istimewa kami, Tahun kemarin kita juga sudah di sambut oleh Desa Cugung sebagai tuan rumah,” Tutupnya.  (Saf)

Berita Lain 👇