Jum. Okt 30th, 2020

HKTI Kabupaten Lampung Selatan Kukuhkan Serta Serahkan SK HKTI Sidomulyo, Candipuro Dan Waysulan

Lamsel, www.libasmalaka.com -HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Agus Setiawan,SE kukuhkan serta serahkan SK Kepengurusan HKTI Kecamatan Sidomulyo, Waysulan dan Kecamatan Candipuro. Selasa (29/9/2020)

Pengukuhan HKTI digelar dibalai desa Rawa Selapan Kecamatan Candipuro Lamsel, acara itupun dihadiri Wakil Ketua HKTI Provinsi Lampung, Yoesfi faisol Azis, Bagus Adi Pamungkas Kades Rawa Selapan, dan seluruh anggota HKTI dari empat Kecamatan yakni Sidomulyo, Waysulan Candipuro dan Kecamatan Palas.

Pada kesempatan Yoesfi faisol Azis Wakil Ketua HKTI Provinsi Lampung menyampaikan pentingnya HKTI bagi petani yang mana HKTI bertujuan meningkatkan pendapatan, kesejahteraan, harkat dan martabat insan tani, penduduk pedesaan dan pelaku agribisnis lainnya.

“Melalui pemberdayaan rukun tani komoditas usaha tani dan percepatan pembangunan pertanian serta menjadikan sektor pertanian sebagai basis pembangunan nasional,” Ungkapnya.

HKTI didirikan pada 27 April 1973 melalui penyatuan empat belas organisasi penghasil pertanian utama.

“Berdiri sendiri dan mandiri yang dikembangkan berdasarkan kesamaan aktivitas, profesi, dan fungsi di dalam bidang agrikultur dan pengembangan pedesaan, sehingga memiliki karakter profesional dan persaudaraan,” Ungkapnya lagi.

Selain itu, Yoesfi faisol Azis juga menerangkan, Manfaat Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang diluncurkan Kementerian Pertanian (Kementan) yang bekerjasama dengan HKTI.

“Jumlah usulan bagi kelompok pertanian 120 Ha, Bidang peternakan 2 kelompok sebanyak 25 orang dengan nilai usulan perhaktare padi Sebesar Rp 8 – 10 juta, dan untuk kelompok peternakan Sapi Rp 50 juta per anggota,” Terangnya.

Hal senada dikatakan Agus Setiawan Ketua HKTI Kabupaten Lampung Selatan, Dirinya berharap pinjaman KUR yang diluncurkan Kementerian Pertanian (Kementan) yang bekerjasama dengan HKTI dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para kelompok petani.

“Harapan saya pinjaman KUR nanti jangan di belikan motor atau apapun, jadi gunakan untuk usaha taninya hingga kedepanya petani dapat lebih maju lagi dalam pendapatanya,” Ujarnya.

Diakhir sambutan Agus pun berharap kepada anggota HKTI Kecamatan yang telah dikukuhkan dapat bekerja dengan baik sesuai dengan tupoksinya

“Saya berpesan kepada pengurus HKTI, tugas utama setelah menerima SK adalah mensejahterahkan petani,” Tandasnya.

Terpisah, usai acara pengukuhan dan penyerahan SK pengurus HKTI di tiga Kecamatan tersebut, Bagus Adi Pamungkas Kades Rawa Selapan Kecamatan Candipuro Mengatakan, Pihaknya selaku Pemerintah desa mendukung program HKTI.

“Dalam hal ini, Saya selaku Pemdes Rawa Selapan mengapresiasi adanya program HKTI di Kecamatan Candipuro, khususnya di desa ini, Karena warga disini kebanyakan petani,” Tutupnya. (Saf).

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: