Kabupaten Kupang

Bupati Malaka Hadiri Perigatan 98 Tahun Mangkatya Raja Sobe Sonbai III di Kupang

libasmalaka.com- Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran bersama bersama Ketua TP PKK Malaka, Ny. Beatrix Tae Bria Seran didampingi Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Malaka menghadiri undangan Peringatan 98 Tahun Mangkatnya Raja Sobe Sonbai III, di Kupang – Provinsi NTT, sabtu(22/8/2020)

Peringatan 98 Tahun Mangkatnya Raja Sonbai III itu dihadiri sejumlah pejabat di Provinsi NTT diantaranya Ketua PDIP Provinsi NTT、 Emy Nomleni, Bupati Sedaratan Timor, Asisten 3 Provinsi NTT. Pimpinan perangkat daerah lingkup kabupaten malaka, hal ini di ungkap oleh kepala bagian Humas dan Protokol setda malaka Hendrina Lopo,S.STP yang akrab dipanggil Eri,

Menurut Eri, Acara berlangsung mulai pukul 09.00 hingga 13.00 wita dengan hikmat, keluarga besar Sonbai, Saubaki, dan pihak terkait , melaksanakan ritual adat di lokasi yang di pastikan sebagai makam Raja Sobe Sonbai III  Lokasi makam tersebut terletak di  lahan kosong, yanga berada di belakang rumah jabatan Wakil Gubernur NTT .

Informasi yang dihimpun media ini dari berbagai sumber , Raja Sobe Sonbai III  adalah seorang raja (kaiser) dari Pulau Timor yang berjuang menentang pemerintah kolonial Hindia Belanda hingga ditangkap tahun 1905. makam Raja Sobe Sonbai III itu baru ditemukan setelah 98 tahun Kolonial Belanda yang berkedudukan di Kupang, menghabisinya dengan cara ditembak hingga tewas, Raja Sobe Sonbai ditembak bersama empat pengawalnya. (ananda/red)

Berita Lain 👇

Tinggalkan Balasan