Kabupaten Belu

Jelang HUT RI ke 75 Koramil 1605-06/Halilulik Gelar Berbagai Perlombaan

Belu.libasmalaka.com-Tumbuhkan jiwa sportifitas Merdeka bebas Beraktivitas Berekspresi Bebas untuk berkarya Koramil 1605-06/Halilulik Gelar Perlombaan

Dalam Rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke–75 Tahun 2020 Koramil 1605 -06 /Halilulik dibawa Kepemimpinan Kapten Inf.Jemri Mamengko selaku Komandan Koramil bersama jajarannya menggelar berbagai perlombaan, Sebagai wujud untuk menghargai Jasa Para Pahlawan yang telah gugur didalam memperjuangkan Kemerdekaan Negara Republik Indonesia Pada 17 Agustus 1945.Hal Ini merupakan wadah untuk menjalin silaturrahmi Jajaran Koramil 1605-06 /Halilulik sebagai satuan Komando Terirorial yang setiap saat melekat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan warga masyarakat Kabupaten Belu yang berada di perbatasan RI-RDTL ,dimana hal ini juga untuk menumbuhkan jiwa sportifitas,merdeka dalam artinya bebas beraktivitas dan bebas berekspresi serta bebas untuk berkarya demi bangsa dan negara yang kita cintai

Dengan hadirnya Era teknologi semakin berkembang pesat dan masyarakat Indonesia didominasi dengan sikap individual dengan kegiatan pribadinya sehingga rasa solidaritas antar sesama pun berkurang,oleh karena itu tujuan diadakannya lomba 17 Agustus adalah agar setiap orang turut berpartisipasi dengan khidmat, meriah dan dengan rasa semangat Nasionalisme

Berbagai carapun dilakukan untuk menanamkan kembali ideologi dasar negara Pancasila kepada generasi penerus bangsa, salah satunya dengan lomba pengucapan Pancasila yang digelar oleh Koramil 1605-06/Halilulik.

Dari orang dewasa,pelajar SMA, SMP dan SD mengikuti lomba pengucapan Pancasila yang digelar Koramil 1605-06/Halilulik-Kodim 1605/Belu bersama para Pemuda Halilulik yang berada di Kecamatan Tasbar, Kabupaten Belu Timor Barat batas RI-RDTL, Sabtu (15/8/2020).

Danramil Halilulik Kapten Inf Jemri Mamengko menjelaskan, lomba yang diikuti oleh orang dewasa, pelajar dari jenjang SD,SMP, dan SMA itu merupakan salah satu bentuk kecintaan kepada bangsa dan negara.

Lanjut Jemri, hal ini sebagai upaya untuk menanamkan nilai-nilai ideologi Pancasila pada semua lapisan masyarakat mengingat wilayah Halilulik Kabupaten Belu berbatasan langsung dengan negara timor leste.

“Kalau mengucapkannya saja tidak hafal, bagaimana bisa menjiwai nilai-nilai pancasila,” ujar Jemri.

Mengenai jumlah peserta, Ketua Perlombaan Fabianus menjelaskan ada 80 peserta lomba pengucapan Pancasila mulai Dewasa 23 peserta, tingkat SD 42 peserta, SMP 30 peserta dan SMA 25 peserta.

Ini merupakan serangkaian lomba dalam memeriahkan HUT RI ke-75 yang pertama kali digelar di wilayah Koramil Halilulik, salah satunya lomba pengucapan Pancasila ini.

” Dengan situasi Pandemi Covid-19,semua peserta lomba wajib mematuhi Protokol kesehatan Covid-19 ” jelas Fabianus.

Lebih lanjut Fabianus menjelaskan, untuk poin penilaian lomba yaitu meliputi kehafalan, intonasi pengucapan, pemenggalan kata, semangat, penjiwaan dan pembawaan. Juri berasal dari guru-guru SD dan SMP.

“Pemenangnya akan mendapatkan hadiah berupa piala dan ucapan terima kasih dari Danramil Halilulik ” ungkap dia.

Sementara itu, salah satu peserta lomba pengucap Pancasila merasa senang dengan adanya perlombaan pengucap Pancasila, dan berharap setiap momen Hari Ulang Tahun RI diadakan perlombaan pengucap pancasila oleh Koramil Halilulik.

Penulis: bgr

Editor: Ananda

Berita Lain 👇

Tinggalkan Balasan