Petani Desa Laleten Weliman Malaka Panen Meningkat Program RPM Sangat Membantu

Malaka.libasmalaka.com-Petani sawah di Desa Laleten Kecamatan Weliman Kabupaten Malaka Provinsi NTT panen Padi meningkat di tahun 2020 ini, di bandingkan tahun sebelumnya, hal ini di ungkap Ketua Kelaompok Tani (Poktan) IRIGASI BARU Desa Laleten  Wenses Laus Ulu kepada libasmalaka.com senin (08/06/2020)

Menurut Wenses Laus Ulu, Panen  meningkat di tengah pandemi Covid-19. Hasil panen terdahulu lahan sawah seluas 1,5 Hektere hanya mencapai 7 ton padi, tahun ini meningkat menjadi 9 ton.

Kami para Petani di Desa Laleten tetap semangat bekerja di sawah dan kebun kami masing-masing, walau ditengah mewabahnya pandemi covid19.

Libih lanjut Wenses sapaan akrabnya menjelaskan, kendala dari dulu selama kami menanam padi disawah  adalah penyakit dan hama. Walaupun Hama di tahun ini lebih banyak dibandingkan  ditahun sebelumnya tetapi tidak membuat kami patah semangat untuk terus melakukan pengawasan terhadap tanaman kami.

“Berkat Program Pemerintah Malaka Yaitu revolusi pertanian malaka (RPM) membantu kami walaupun dengan hama yang banyak, kami tetap mendapatkan hasil panen yang lebih dari tahun sbelumnya berkat RPM, Saya sebagai salah satu petani di Malaka sangat senang dan merasa terbantu oleh program Pemerintah ini,

“Program ini bukan hanya membantu tetapi meringankan beban kami dalam bentuk bantuan air tangki dan pupuk, saya berharap program RPM akan terus dijalankan karena sangat membantu kami pihak petani.ungkap Wens

Petugas penyuluh lapangan (PPL) yang bertugas sebagai Pemdamping, Yeremias Nahak mengatakan hasil panen padi pada lahan milik Wenses Laus Ulu memuaskan.

“Dari hasil panen Bapa Wenses sangat memuaskan karena mencapai 9 Ton per Hektare Hasil ini memuaskan karena melewati target yang kita yakni 5 Ton per Hektare Ucap dia”(Adiman)

Tinggalkan Balasan

error: Ketahuan lo Mau Copi Paste Yaa
%d blogger menyukai ini: