Menyatukan Program Pusat, HKTI Se-Provinsi Lampung Gelar Silahturahmi

Lamsel, www.libasmalaka.com – Sejumlah pimpinan beserta pengurus Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) se-Provinsi Lampung menggelar silaturahmi sekaligus membahas beberapa persoalan yang saat ini masih menjadi keluhan petani, Minggu (31/5/2020)

Acara yang digelar dikediaman Yosfi Faisol Aziz, kordinator dari HKTI Provinsi Lampung itupun membahas kendala permodalan bagi petani.

Agus Setiawan Ketua DPK HKTI Kabupaten Lampung Selatan yang turut serta hadir dalam acara tersebut mengungkapkan, Selain silahturahmi acara itu juga sebagai kegiatan dalam rangka menyatukan program dari HKTI Pusat, dan program Kementerian Pertanian.

Menurutnya, bahwa selain silaturahmi, kegiatan ini juga menampung beberapa aspirasi dari ketua-ketua Kabupaten/kota terkait permasalahan di bidang pertanian.

“Salah satunya terkait permodalan. Dan Alhamdulillah, melalui kerjasama dengan Kementerian Pertanian, kami HKTI dapat mengusulkan program bantuan lunak bagi petani dengan suku bunga rendah dan tanpa agunan, Ini sangat direspon bagi petani dengan baik. Program lunak melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR),” Ungkapnya.

Agus menambahkan, Pemerintah telah menyiapkan anggaran namun kurang terserap bagi petani yang membutuhkan modal, Pinjaman permodalan ini khusus bagi usaha tani, yang diusulkan melalui Kelompok tani, Gapoktan atau Koperasi dibidang pertanian.

“Dibuatkan proposal saja, nanti diusulkan ke kementerian pertanian melalui HKTI diseluruh Kabupaten/kota, Kita bantu dalam prosesnya. Karena sangat disayangkan jika program pemerintah ini tidak terserap oleh petani,” Imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan Yosfi Faisol Aziz, koordinator dari HKTI Provinsi Lampung, Dirinya menerangkan, Sebagaimana instruksi dari Ketua Umum HKTI Jenderal (Purn) Dr. Moeldoko, petani harus maju, sukses dan makmur, Maka melalui program KUR pertanian ini dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil pertanian, khusunya di provinsi Lampung.

“Bagi petani, segera berkomunikasi melalui pengurus HKTI di seluruh Kabupaten dan Kota se Provinsi Lampung. Saya pastikan mereka akan membantu semaksimal mungkin guna kemajuan para petani. Gunakan program ini sebaik baiknya, agar permasalahan permodalan ini bukan suatu hambatan bagi para petani untuk maju, sukses dan berhasil,” Pungkasnya.

Silaturahmi dihadiri oleh kepengurusan HKTI Kabupaten Lampung Timur, Metro, Bandar Lampung, Pasawaran, Tanggamus, Lamteng, Way Kanan, Lampung Utara, Lampung Selatan dan Kabupaten Pringsewu. (AS/Saf)

Tinggalkan Balasan

error: Ketahuan lo Mau Copi Paste Yaa
%d blogger menyukai ini: