Sebab Banjir Di Oan Mene Tidak Ada Saluran Pembuangan Memadai

Malaka.libasmalaka.com-Curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir menyebabkan banjir dan menggenain air beberapa desa di Malaka.

Didesa Oan Mane – Kecamatan Malaka Barat akibat curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan air menggenanngi diperkampungan warga setempat

Ketinggian air didalam perkampungan sekitar 50 cm – 100 Cm . Sementara pada beberapa titik diatas aspal ketinggian air mencapai 10 Cm .

Sementara itu kondisi air didalam tanggul kali Benenai masih normal dan tidak meluap ke pemukiman dan lahan pertanian masyarakat.

hal ini dikatakan oleh Camat Malaka Barat, Efraim Bria Seran saat melaksanakan pemantauan di Desa Sikun – Oanmane, Jumat (22/5-2020).

Efraim mengatakan” kita masuk di beberapa dusun di desa Oan Mane dan hampir seluruh dusun digenangi air hujan”

” Air hujan didalam kampung bervariasi, ada yang tingginya dari permukaan tanah 50 cm dan ada yang 1 meter”

” Kami sudah pantau ternyata penyebab genangan air dalam kampung karena tidak ada saluran pembuangan air yang memadai”

Sentara Kepala Desa Oan Mane, Lukas Leky dalam kesempatan yang sama membenarkan hal itu.
” Kalau hujan besar air tidak bisa mengalir karena kurangnya saluran pembuangan air”

” Kalau mau aman di Oan Mane harus bangun lagi dua buah deker sekaligus berfungsi sebagai pembuangan air termasuk membuat saluran pembuangan ke Weknamon sepanjang 1 km”

” Kita harapkan dari dinas teknis datang melihat kondisi riil di lapangan karena secara teknis dinas PU yang lebih paham”

” Kita akan ajukan usulan kepada Pemerintah supaya dua deker yang melintasi jalan bisa dikerjakan termasuk pengerjaan saluran pembuangam air ke Weknamon”

” Nanti kita lihat apa yang bisa dikerjakan dengan dana desa akan kita lakukan tetapi bila anggaran yang dibutuhkan banyak kita akan usulkan ke pemerintah supaya bisa mendapatkan perhatian untuk penanganannya (ananda)

Tinggalkan Balasan

error: Ketahuan lo Mau Copi Paste Yaa
%d blogger menyukai ini: