Berdayakan UMKM, Pemkab Lamsel Pesan 150 Ribu Masker Kain

Lamsel, www.libasmalaka.com – PemerintahKabupaten (Pemkab) Lampung Selatan memberdayakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk membuat 150 ribu masker kain.

Kebijakan ini diambil Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto agar UMKM bisa tetap bertahap ditengah kondisi ekonomi yang sulit akibat dampak Covid-19.

“Dampak Covid-19 mulai berpengaruh ke berbagai sektor, termasuk sektor ekonomi. Untuk itu, kami libatkan 89 pelaku UMKM di Lampung Selatan untuk pengadaan masker,” ujar Nanang dalam keterangan tertulis, Jumat (22/5/2020).

Diketahui, Pemkab Lampung Selatan telah memesan 150 ribu masker sejak akhir April 2020. Pada Senin, 18 Mei kemarin, seluruh masker telah selesai dibuat.

Para pelaku UMKM sedang memproduksi masker kain yang akan dibagikan kepada masyarakat.

Nanang menjelaskan, pembuatan masker kain oleh UMKM juga termasuk salah satu upaya Pemkab meningkatkan ekonomi masyarakat di Lampung Selatan.

Dimana, setiap UMKM diminta membuat kisaran 1.000 hingga 2.500 masker kain sesuai kesanggupan dan usulan dari masing-masing UMKM.

“Masker yang diproduksi oleh UMKM itu untuk dibagikan ke masyarakat secara gratis. Selain mengurangi risiko penyebaran Covid-19, juga membantu menggerakkan roda ekonomi daerah, terutama UMKM lokal,” kata Nanang.

Selain untuk disalurkan kepada warga di sejumlah kecamatan, Pemkab Lampung Selatan melalui Dinas Perdagangan juga telah meminta 3.500 masker untuk dibagikan ke pedagang yang ada di pasar. (Saf/Kmf)

About Post Author

Tinggalkan Balasan