Peduli Covid-19, Pemdes Kombo buka Posko pengawasan

Manggarai Barat, Libasmalaka.com-Dalam upaya memerangi Covid-19, Pemerintah Desa Kombo, Kecamatan Macang Pacar, Kab.Manggarai Barat membuka posko.

Posko tersebut bertujuan untuk memantau serta mengawasi para pelaku perjalanan dari luar daerah yang masuk ke wilayah Desa tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Kombo, Stephanus Datut melalui sambungan telepon kepada media ini pada Senin (11/05/2020).

Menurut Kades Stephanus, berdasarkan surat edaran Kementrian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) No 8 tahun 2020 tentang Desa tanggap Covid-19 yang dipertegas oleh himbauan Pemda Mabar bahwa Pemerintah Desa dapat menggunakan Dana Desa untuk mengatasi situasi darurat Corona, sehingga pihaknya mengambil langkah antisipasi yang salah satunya mendirikan Posko.

Dirinya menuturkan, Posko tersebut sudah berjalan 2 minggu. Dalam kegiatan, pihaknya dibantu oleh para tenaga Medis yang bertugas di Desa Kombo.
“Selama ini kegiatan yang sudah kami lakukan itu penyemprotan disinfektan dan pembagian masker kepada masyarakat”.

Selain itu, tambahnya, tindakan lain yang dilakukan adalah pengecekan suhu tubuh para pelaku perjalan.
“Kami juga sudah punya termometer sehingga tindakan lain yang dilakukan oleh relawan kami adalah pengecekan suhu tubuh para pelaku perjalanan yang baru tiba dari luar daerah”.

Setiap pelaku perjalanan yang datang dari luar daerah tersebut, kata dia, akan disarankan untuk melakukan isolasi secara mandiri.
“Kalau warga kami yang datang dari tanah rantauan itu kita minta untuk isolasi secara mandiri saja dan kalau sudah selesai selama 14 hari, nanti akan kami catat dan laporkan ke tim gugus Kabupaten, tandasnya”.

Laporan: Olizh Jagom

Tinggalkan Balasan

error: Ketahuan lo Mau Copi Paste Yaa
%d blogger menyukai ini: