Akibat Penampungan Air Bersih Kebanjiran, Tiga Hari Warga Desa Rajabasa Tak Nikmati Air Bersih

0
Spread the love

Lampung Selatan, www.libasmalaka.com – Bak Penampung air bersih yang terletak diDusun 1 RT III Desa Rajabasa Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan kebanjiran sehingga menghanyutkan beberapa pipa saluran air bersih dan wargapun tak dapat menggunakan air bersih tersebut, Selasa (31/03/2020).

Kebanjiran bak penampunga air bersih tersebut akibat hujan deras dan meluapnya sungai besar hingga tidak lancarnya saluran air yang diakibatkan dari tersumbatnya saluran air tersebut oleh batang pohon sisa penebangan yang biasa dilakukan oleh para penebang pohon.

Hal itu dikatakan Hermansyah Kepala Desa Rajabasa saat meninjau langsung lokasi kebanjiran di Dusun 1 RT III Desa Rajabasa.

“AIr bersih ini biasa digunakan oleh dua warga Dusun 1 dan Dusun II, Akibat dari banjir dan hanyutnya tiga pipa penyalur air bersih kewarga kini warga tak dapat menggunakan air bersih lagi selama tiga hari,” Ungkapnya.

Hermansyah menghimbau kepada para penebang pohon kayu agar tidak membuang sisa-sisa batang pohon kayu sembarangan, terutama dipinggiran sungai besar yang dampaknya batang pohon kayu tersebut dapat menyumbat saluran air.

“Air dari gunung mengalir ke sungai besar kemudian jika air sungai besar lancar mengalir melalui saluran air tidak akan banjir, banjir ini akibat dari tersumbatnya saluran air oleh kayu, buktinya ini ada potongan kayu, Para penebang pohon yang biasanya dijadikan kayu kemungkinan membuangnya sembarangan hingga terjadilah banjir seperti ini, Saya meminta kepada para penebang pohon agar tidak membuang sisa-sisa pembuatan kayu sembarangan,” Imbaunya.

Hermansyah pun meminta kepada warganya untuk bersabar, Ia beserta aparaturnya akan segera

Akibat kebanjiranya penampungan air bersih, Hermansyah pun meminta kepada warganya untuk bersabar.

“Kami Pemerintah desa dan juga lintas Say Batin Pangeran Rajabasa akan tetap waspada dalam mengatasi kejadian ini, kepada para warga juga kami berharap untuk sabar, Dalam menangani virus Covid-19 belum selesai kini kami ditimpa musibah ini, namun demikian kami tetap siap menghadapinya,” Tutup Hermansyah Kades Rajabasa.  (Saf)

About Post Author

Tinggalkan Balasan