19 April 2024

Ciptakan Desa Modern, BPD Dan Pemdes Palas Jaya Bersinergi Bangun Desa

Spread the love

Lamsel LAMPUNG, www.libasmalaka.com – Pembangunan menuju desa yang lebih maju dan modern diperlukan kerjasama antara Pemerintah desa dengan masyarakat terutama para pemuda yang ada didesa juga harus turut ambil andil ikut memajukan desa, Karena para pemuda merupakan generasi didesa dan juga generasi bangsa, Hal ini diungkapkan Sugiarto Kades Palas Jaya Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan diruang kerjanya, Kamis, (14/11/209).

“Dalam hal ini bukan kita menyepelekan yang usianya sudah tua, akan tetapi untuk orang yang usia tua lebih pantasnya menjadi pembimbing dan penasehat,” Ungkapnya.

Masih dalam ungkapanya, Usai Pemilihan Kepala desa (Pilkades) beberapa waktu lalu dan sejak Ia disumpah jabatan menjadi Kepala desa, Sugiarto bertekad akan menjadikan desa yang modern.

“Bagaimana caranya desa ini kita ciptakan desa yang modern tentunya kita harus membangun mental dari diri kita, dalam hal ini juga kita harus memanage Pemerintahan yang baik diawali dari kinerja kita sebagai aparatur desa dalam melayani masyarakat,” Ujar Sugiarto Kades Palas Jaya.

Meningkatkan kinerja aparatur desa dengan membangun mental individu akan menghasilkan kinerja yang baik sesuai yang diinginkan.

“Sebelum kita membangun desa menjadi desa modern kita harus menerapkan kedisiplinan pada diri kita, artinya kita harus membangun mental kita agar menciptakan pemikiran yang positif jika sudah terbangun mental kita maka desa inipun akan terbangun dengan baik,” Katanya.

Sugiarto memerintahkan aparaturnya untuk melayani masyarakat dengan baik, Menurutnya, Untuk menciptakan desa yang lebih baik dan modern Pemerintah desa harus menciptakan desanya aman dan tentram jika pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan yang perintahkanya maka akan terjalin keharmonisan aparatur desa dengan masyarakat.

“Saya sudah tegaskan kepada aparatur untuk bekerja lebih baik lagi, Dan saya sampaikan kepada mereka (aparatur-Red) jangan mentang-mentang kita berseragam lalu kita petantang petenteng, kita harus melayani masyarakat dengan baik, Masyarakatpun akan senang dengan kita nantinya, Sayapun meminta laporan dan pertanggung jawaban dan keluhan aparatur desa pada setiap Rakor yang kita laksanakan setiap tiga bulan,” Ungkapnya lagi

Jika adanya keharmonisan antara Pemerintah desa dengan masyarakat maka desa akan menjadi desa yang lebih baik dan modern

“Dengan adanya keharmonisan maka masyarakatpun tentunya akan membantu Pemerintah desa dengan menuangkan pemikiran-pemikiranya, Dan program pemerintah desa yang telah direncanakan akan didukung oleh masyarakat,” Imbuhnya.

Sugiarto menuturkan, Pada MusrenbangDes yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu, Pemerintah desanya telah memproritaskan apa yang diusulkan oleh masyarakat termasuk bidang kesehatan dan bidang pertanian.

“Selain dari pembangunan infrastruktur, kesehatan, pertanian juga kita akan perhatikan, masyarakat disini hampir rata-rata petani, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat terutama para petani Pemerintah desa akan berusaha bagaimana caranya petani kita bisa hidup lebih lagi, Saya juga sedang berusaha ke dinas terkait di Pemerintah daerah Lampung Selatan membuat proposal untuk mengajukan pembuatan wadah air jadi ketika kemarau tiba kita masih memiliki air untuk di salurkan kesawahnya petani, Dan untuk keamanan desa selain dari siskamling kita akan pasang kamera di setiap ujung jalan desa kita,” Tuturnya.

Terpisah, Dedi Efendi Ketua BPD Palas Jaya mengapresiasi rencana pembangunan desa modern yang dicanangkan oleh Pemerintah desa melalui Sugiarto Kades Palas Jaya, Jumat (15/11/2019).

Dirinya selaku BPD Desa Palas Jaya mendukung program tersebut, dalam perjalanan menuju desa modern, Ia akan terus memantau kegiatan tersebut, Dengan menjalin kerjasama antara Pemerintah desa dengan BPD dirinya yakin pembangunan yang telah diprogramkan akan berhasil hingga terwujudnya desa Modern.

“Di Palas Jaya ini ada 6 dusun 13 RT, Harapan saya Pemerintah desa dapat merangkul masyarakat nya, jalin keharmonisan bagaimana caranya Masyarakat tidak terkotak – kotak, terima para pemuda seperti yang di sampaikan beliau (Kades Palas Jaya-Red), Kita pun selaku BPD akan bersinergi dengan Pemerintah desa jika harapan kita ini terwujud atau dijalankan oleh Pemerintah desa, Kalau tidak salah untuk penduduk desa ini ada 3.500 dengan jumlah kepala keluarga 743, kalau tidak salah loh bang, Maksud saya rangkul masyarakat disini dan ciptakan keharmonisan antara masyarakat dan Pemerintah desa , sekali lagi kita pun siap bersinergi dalam mewujudkan desa modern,” Pungkasnya.  (Saf)

About Post Author