Kali Ini, Desa Bandan Hurip Tuan Rumah Rakor Bulanan Kecamatan Palas

Lamsel LAMPUNG, www.libasmalaka.com – Rapat Koordinasi (RAKOR) Bulanan Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) digelar di Desa Bandan Hurip Kecamatan Palas Lamsel, Rabu (23/10/2019).

Hadir pada Rakor, – Camat Palas Rika Wati.S.STP.MM, Mewakili Danramil Palas 421-08/Palas Peltu. Mursalin Syam. Mewakili Kapolsek Palas IPDA. Agus Rahman Kanit Shabara Polsek Palas. Sekcam Palas R. Dermawan,SE, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan ( TKSK ) Sutrisno, Kupt, Kades Se – Kecamatan Palas. Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) Kec. Palas Idaria,S.Sos. Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) Kec. Palas Rhama Nata Yeppi. Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) Kec. Palas Fahrul Ulum. Pendamping Desa Teknik (PDTi) Kec. Palas Nanang Bayu Saputra.ST.
Koordinator Program Keluarga Harapan (PKH) Kec. Palas Doni Kurniawan,SPdi.

Camat Palas Rika Wati.S.STP.MM. pada sambutannya menyampaikan, Penyelesaian Masalah pergantian aparatur desa sePalas, menindaklanjuti dan memperivikasi usulan pergantian aparatur desa, administrasi kependudukan dan laporan kematian dan penambahan penduduk.

Rika Wati menghimbau kepada Kades yang baru dalam Pergantian struktur aparatur desa agar tidak terburu buru secara berjenjang dalam tahapan penilaian dibidang foksi kinerja dibidang masing – masing.

“Diharapkan kepada kades agar berhati-hati dalam merekomendasikan dibidang kependudukan, Dan pada bidang Ekonomi dan Pembangunan agar musyawarah rencana pembangunan tingkat dusun, apabila sudah dilaksanakan musdus agar dilaksanakan pra Musrenbangdes,” Ujarnya.

Rika Wati mengingatkan kepada seluruh Kadesnya bahwa akan dilaksanakan kegiatan bergoton – royong yang akan diikuti pelayanan dari dinas instansi bersama-sama dengan masyarakat satu hari dengan Plt. Bupati Lamsel.

Namun sebelumnya Rika Wati menerangkan hasil pajak yang telah diraih dari seluruh desa sePalas.

“Alhamdulillah, Capaian Realisasi PBB Tahun 2019 Desa Kecamatan Palas total persentase 71.44%,” Katanya.

Kembali Rika menghimbau kepada seluruh Kades agar menyampaikan kepada warga desanya masing-masing agar tidak melakukan pembakaran lahan yang akan digarap.

“Adapun permasalahan serta kendala didesa agar proaktif serta dikoordinasikan kemunikasi dengan pihak kecamatan, Diharapkan kepada seluruh Kepala Desa SePalas dapat menyampaikan kepada warga desanya untuk tidak
melakukan pembakaran lahan yang akan digarap,” Himbaunya

Hal senda disampaikan, IPDA. Agus Rahman Kanit Shabara Polsek Palas mewakili Kapolsek, mengenai Karhutla, Pihaknya kembali menghimbau kepada kades untuk melarang adanya pembakaran lahan yang akan digarap

“Untuk informasi, Bahwa Mulai hari ini pihak kepolisian telah melakukan Operasi Zebra agar kepada kepala desa menghimbau kepada warga masyarakat bisa melengkapi surat menyurat kendaraan yang dimilik, mengenai Karhutla saya juga berharap Kades agar memberi tahukan warganya untuk tidak membakar lahan,” Imbuhnya.

Sementara, Peltu Mursalin Syam Mewakili Danramil Palas 421-08, pada Sambutannya mengatakan, Disetiap Desa ada mitra babinsa maksimal satu orang agar bisa disampaikan bila ada hal – hal yang menonjol agar bisa disampaikan kepada babinsa serta mitra babinsa.

Dirinya berharap, Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban didesa, disetiap desa agar mengaktifkan kembali pos ronda, Dan iapun kembali mengingatkan akan Karhutla,

“Kalau ada permasalahan didesa agar diselesaikan didesa serta apabila tidak bisa diselesaikan komunikasi kepihak kecamatan karena Camat adalah kepala wilayah kecamatan, Aktifkan kembali Pos Ronda didesa supaya mencegah sejak dini dari segi rawan kamtibmas dan rawan maling, serta bahaya membakar lahan dan sampah sembarangan dilingkungan baik itu lahan perkebunan dan persawahan, Jalin komunikasi yang baik antara aparat desa dengan unsur uspika,” Tutupnya.  (Saf)