HUT TNI 74 Berikan Kado Istimewa, Kodim 1605 – Belu Bangun Jalan Penghubung Desa Fohoeka

Belu NTT, www.libasmalaka.com – Bersama Rakyat TNI Kuat, Inilah Sebuah Kado Istimewa buat Warga Desa Fohoeka yang merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Nanaet Dubesi, Kabupaten Belu Provinsi NTT, dengan digelarnya TENTARA MANUNGGAL MEMBANGUN DESA (TMMD) KE-106 Oleh Kodim 1605 – Belu.

Desa Fohoeka  yang merupakan salah satu desa perbatasan di kabupaten Belu antara Indonesia dan Timor Leste, Sebagian besar mata pencarian warga adalah dari bertani, beternak dan berkebun, Pertanian menjadi tulang punggung warga untuk mempertahankan hidupnya, Namun tidak ada akses jalan penghubung antar dusun di Desa tersebut dan kondisi ini sangat memprihatinkan.

Pada tahun 2019 Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 1605/Belu difokuskan di Desa Fohoeka. Salah satu sasaran fisik dari program TMMD kali ini adalah membuka akses jalan penghubung sepanjang 2230 meter dengan lebar 6 meter.

Kepala Desa Fohoeka Agustinus Berek sangat bersyukur dan mengapresiasi program TMMD ini, karena akan berdampak positif bagi kehidupan warga kedepan nanti. Sabtu (5/10/2019).

“Sebagai pemerintah desa dalam hal ini saya sebagai kades mengucapkan terimakasih banyak atas program TMMD di desa fohoeka ini” Ucapnya.

Sebagai masyarakat di desa fohoeka, Masyarajat didesa ini tidak hanya diam begitu saja, masyarakat juga turut berpartisipasi bahu membahu bersama TNI dalam mensukseskan kegiatan TMMD ini, Karena nantinya yang akan merasakan manfaatnya adalah masyarakat sendiri terutama pada saat musim panen tiba.

“Kami sangat bersyukur dengan adanya pembukaan jalan baru ini, hal ini untuk memudahkan masyarakat ketika musim panen tiba bisa mengangkut hasil panennya dengan kendaraan melalui jalan ini,sebab selama ini hasil panen selalu diangkut dengan berjalan kaki” Imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan oleh salah seorang kepala dusun Bapak Petrus Kehi,dikatakannya bahwa salah satu kendala bagi warga masyarakat yang mayoritas adalah petani adalah kesulitan dalam membawa hasil panen dan juga dalam mengambil air minum.

“Kami sangat membutuhkan jalan ini, bukan saja untuk memudahkan kami dalam membawa hasil panen tapi juga memudahkan kami dalam mengambil air minum, terutama air bersih” Katanya

TNI Manunggal Membangun Desa Ke-106 tahun 2019 Kodim 1605/Belu dilaksanakan selama 30 hari terhitung mulai tanggal 2 oktober sampai dengan 31 oktober 2019 yang telah di awali dengan kegiatan Pra TMMD yang telah dilaksanakan pada tanggal 17 september sampai dengan 1 oktober 2019.

Selain pembukaan jalan juga dilaksanakan kegiatan fisik lain berupa pembuatan bak penampung air dan jaringan pipanisasi sepanjang 2000 meter, dan juga kegiatan non fisik berupa ceramah, penyuluhan dan juga sosialisasi. (bgr/Saf)

Berita Lain 👇