Sedekah Ruat Laut Desa Kunjir Dan Desa Tejang Pulau Sebesi, KIARA Berikan 88 Perahu Nelayan

Lamsel LAMPUNG, www.libasmalaka.com – Koalisi Rakyat Untuk Keadilan Perikanan (KIARA) bekerja sama dgn yayasan PLAN gelar Sedekah Ruat Laut Desa Kunjir dan Desa Pulau Sebesi Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan.

Acara digelar diLapangan Limbung Dusun II Desa Kunjir Rajabasa, Turut hadir pada acara, Plt. Bupati Lampung Selatan diwakili oleh staf ahli bidang keuangan, Akar Wibowo,SH, Kadis Perikanan dan Kelautan Kabupaten Lampung Selatan, Ir.Meizar, Kadis Komunikasi dan informasi kabupaten Lampung Selatan, Sefri, Plt.  Kadis Pariwisata dan kebudayaan kabupaten Lampung Selatan, Rini ariasih, Camat Rajabasa, Sabtudin,  S. Sos,  Msi, Danramil Kalianda,  Mayor Arm. Aris Khrudin, Kapolsek Kalianda, Iptu Dedi Suhandi, Sekertaris Jendral Kiara (Koalisi Rakyat Untuk Keadilan Perikanan), Susan Herawati. Eksekutif Direktur Yayasan Plan Internasional Indonesia Ibu. Dini Widyastusi. Pangeran Marga Rajabasa, Pangeran punyimbang agung, Kepala Desa Tejang Pulau Sebesi Miftahudin, Kepala Desa Kunjir Rio, Ketua pelaksana kegiatan Yusron, Kamis (12/9/2019).

Sekjen Koalisi Rakyat Untuk Keadilan Perikanan (KIARA) Susan Herawati mengatakan, Beberapa waktu lalu telah terjadi Tsunami yang menimpa Masyarakat Lampung khususnya Lampung Selatan dan Banten,

“Dari informasi itulah tidak ada satu alasanpun untuk KIARA tidak turun guna memastikan bahwa kawan-kawan kita dalam keadaan sehat dan selamat terutama kawan yang berada di wilayah Pesisir Lampung Selatan, Pertama kali yg kami temui di Lampung ini adalah bapak Arlan,” Katanya.

Sebagai Ormas yang bergerak di keusahaan dan perikanan kamampuanya pada saat itu adalah mendistribusikan baju sekolah dan sepatu yang diperuntukkan untuk anak-anak

“Hanya sebatas itu kemampuan kami pada saat itu,seiring dengan perjalanan waktu kami mendapatkan banyak cerita dari kawan di pesisir khususnya diLamsel bagaimana prustasi ekonomi menghantui mereka pasca trauma yang cukup kuat menghantui, sungguh luar biasa ketika apa yg mereka hadapi,” Ujar Susan Herawati Sekjen Kiara.

Iapun menyinggung adanya kapal tongkang yang akan mengeruk pasir besi yang menurutnya akan menggerus hamparan pulau terutama pulau Sebesi yang berada di Lampung selatan, Dirinya meminta Pemerintah daerah agar sama-sama membuat kajian terkait kerentanan yang ditimbulkan penambangan pasir besi dilaut lepas,

“Bagi nelayan mereka tidak butuh kapal tongkang karena jelas sekali kapal itu datang dan berangkat bukan untuk nelayan bukan untung untuk nelayan tapi buntung untuk nelayan, Bagi nelayan kedaulatan adalah segalanya, Yang mereka butuhkan adalah laut mereka bersih dari konstan, laut mereka bersih dari perusak lingkungan, sehingga mereka bisa berdaulat di laut dan pulau-pulau,” Singgungnya

Ketika mereka melihat laut mereka hanya bisa memandang, Tapi mereka tidak bisa mendapatkan sumber perekonomian di laut sebagai ladang sebagaimana juga mereka mencari penghidupan.

“Alhamdulillah setidaknya ada 88 perahu hari ini sdh di distribusikan diDesa Kunjir dan Desa Tejang Pulau Sebesi tentu 88 perahu ini juga mendapat dukungan luar biasa dari kawan di yayasan PLAN internasional, Tanpa merekapun sesungguhnya kami tidak bisa mendambakan apa yang diharapkan nelayan, dan Alhamdulillah kita dapat membantu 88 perahu, tentu jika di kaitkan dengan jumlah korban yang ada 88 perahu itu tidak ada apa-apa nya dan masih banyak sekali nelayan kehilangan sumber perekonomian mereka, Imbuhnya.

Ia berharap setelah memastikan 88 perahu ini diterima oleh nelayan, Negara hadir untuk membantu dan memberikan perahu nelayan yang masih menganggur,

“Kami juga berharap pemerintah daerah juga ikut serta turun dan melihat ini semua dan upaya untuk membangun solidaritas kita bersama, Kepada pemangku kebijakan di Lampung Selatan tentu kami tidak ada apa-apanya ketimbang bapak ibu akan lakukan setelah apa yang kami lakukan,” Harap Susan Wirawati.

Lanjutnya, Staf Ahli Bid Keuangan Akar Wibowo,mewakili Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto
menyampaikan ucapan terimakasih kepada KIARA atas inisiasinya melaksanakan ruwat laut, terlebih dengan kegiatan-kegiatan lainya yang selama ini telah dilakukan terhadap masyarakat pesisir.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa sejak awal berdiri, KIARA berkomitmen untuk memperkuat kelompok nelayan dan masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil agar memperoleh perlindungan dan kesejahteraan hidup layak dari pemerintah,
Untuk itu, sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yg setinggi-tingginya kepada rekan-rekan KIARA,” Tutupnya.

Dalam kegiatan ini Sekjen KIARA dan Yayasan Plan Internasional memberikan bantuan berupa kapal perahu kepada Nelayan Desa Tejang Pulau Sebesi sebanyak 17 unit Kapal Perahu Jenis Ketinting Sayap dan sebanyak 17 unit kapal perahu jenis Mancungan, sedangkan Nelayan Desa Kunjir memperoleh bantuan sebanyak 21 unit Kapal perahu ketinting sayap dan 33 unit Kapal Perahu Jenis Mancungan, selain itu KIARA dan Yayasan Plan juga memberikan bantuan berupa perlengkapan dan peralatan sekolah, berupa Tas,  Buku,  baju seragam dan Sepatu sekolah.   (Aden/Saf)