Meriahnya Kemerdekaan Di Batas Oepoli Oleh Satgas Yonif Mekanis 741/GN

Kupang.libasmalaka.com–Daerah Tripoli yang berbatasan langsung dengan negara tertangga Timor Leste, menjadi meriah pada saat seluruh kalangan merayakan HUT RI ke -74. Terutama dengan adanya berbagai perlombaan yang dilaksanakan oleh Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741 / GN. Sabtu ( 17/08/2019 ).

Hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 th 2019 terasa meriah karena anggota pos Oepoli yang dipimpin Dankipur II Kapten Inf Miswanto satgas pamtas RI- RDTL Yonif mekanis 741/GN sektor barat bersinergi dengan masyarakat melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan yang terpusat di kantor camat Netemnanu utara kab.Kupang NTT. Adapun dalam rangkaian tersebut diikuti lima desa mulai dari desa Taloi, desa Netemnanu utara, desa Netemnanu selatan, desa Kifu, desa Nunuana.

Tiap-tiap desa mengerahkan masyarakat untuk ikut serta dalam acara kegiatan tersebut. Walaupun kendala Jarak, transportasi serta jalan yang sulit untuk ditempuh menuju kecamatan atau tempat acara. Namun itu tidak menjadi masalah atau hambatan. Tetapi masyarakat menunjukkan semangat dan rasa kebangsaan yang sangat tinggi terbukti satu minggu sebelum upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dimulai masyarakat Amfoang timur datang berbondong bondong di kecamatan atau tempat dimana acara memperingati Hari kemerdekaan Repuplik Indonesia gunamendirikan tenda darurat untuk bermalam sampai Dilaksanakannya upacara kenaikan bendera dan penurunan bendera merah putih selesai.

 

Dalam rangkaian Hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 th 2019 TNI terutama anggota Pos dijajaran tripoli bersama masyarakat melaksanakan beberapa kegiatan dan perlombaan. Diantaranya Membuka bazar selama satu minggu, pertandingan bola Volly, pertandingan bola kaki, panjat pinang, memecahkan balon, estafet tepung dan untuk hiburan malamnya dilaksanakan lomba paduan suara antar siswa sekolah dari tingkat SD sampai dengan SMP serta Nobar dan bazar. Antusias serta kegembiraan dari anak-anak sampai orang tua tercurah di halaman dan lapangan kecamatan Amfoang timur walaupun panas terik dan harus bermalam menggunakan tenda tapi semuanya ikut andil dan berpartisipasi untuk memeriahkan Hari kemerdekaan Republik Indonesia yg ke 74 th 2019.

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat kepada media mengatakan,” Kegiatan perlombaan yang dilaksanakan tentu akan menambak semarak kemerdekaan serta semangat kepada semua kalangan untuk ikut serta bergabung meramaikan hari Kemerdekaan. Tidak harus di kota besar tp diperbatasanpun harus kita laksanakan, kita ramaikan acara ini karena kita harus memiliki semangat juang agar terus maju membangun Indonesia Unggul. Semua sengaja dilakukan untuk memberikan semangat moril yang lebih untuk masyarakat di perbatasan agar mempunyai jiwa Nasionalisme dan Kebangsaan yang tinggi serta tidak kalah dengan oleh Masyarakat di kota besar.” (GN/Ananda).