20 April 2024

Mewujudkan Solidaritas Umat Islam melalui Semangat Idul Adha 1440 H/2019 M.

Spread the love

Malaka.libasmalaka.com-Solat Idul Adha 1440 H/2019 M. dimulai pukul 06.00 WITA, bertempat di Lapangan Umum Betun, Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka
minggu (11/8/19)

Tema Idul Adha 1440 H/2019 M “Mewujudkan Solidaritas Umat Islam melalui Semangat Idul Adha 1440 H/2019 M.

solat Idul Adha di pimpin oleh ;
-Imam : Ustad Hery Kuswanto.
-Imam : Ustad Abdul Rauf
-Khotib Utama : Ustad Zainal Muttakin
-Khotib 2 : Ustad Saleh Attumbel
-Bilal : Ustad Ibrahim A.Kadir

Ketua MUI Malaka Yang bertindak sebagai Khotib Utama ,Ustad Zainal Muttakin dalam khotbahnya mengatakan ”
Adalah sebuah kebahagiaan yang tak terukur dengan variabel duniawi, sebuah kebahagiaan yang tak terdeskripsikan dengan kata-kata, hari ini kita dapat berkumpul di tempat ini guna melaksanakan shalat Idul Adha di hari yang mulia ini dan bulan yang mulia ini.

Lanjut Muttakim” untuk yang sudah berqorban semoga amal ibadahnya dapat duterima oleh yang maha kuasa

Dari Aisyah ra, Nabi saw bersabda, “Tidak ada suatu amalan pun yang dilakukan oleh manusia pada hari raya Kurban yang lebih dicintai Allah SWT dari menyembelih hewan Kurban. Sesungguhnya hewan qurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah Kurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) Kurban itu.”

Ibadah kurban hukumnya sunnah muakkadah(sunnah yang sangat dianjurkan). Bagi orang yang mampu melakukannya lalu ia meninggalkan hal itu,
maka ia dihukumi makruh. Hal ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim bahwa Nabi saw pernah berkurban dengan dua kambing kibasy yang sama-sama berwarna putih kehitam-hitaman dan bertanduk. Beliau sendiri yang menyembelih kurban tersebut, dan membacakan nama Allah serta bertakbir (waktu memotongnya).

” hadirin Sidang idul Adha yang saya muliyakan pada kesempatan ini saya tak lupa mengucapkan terimakasih kepada Bupati Malaka dan jajaran pemerintah kabupaten malaka yang sudah turut mengambil bagian untuk berkuran disetiap tahun pada hari raya Idul Adha harapan saya selalu sukses dalam manjalankan tugasnya tutup Muttkim.

Hasi Laporan Panitia Hari Raya Qurban hewan yang akan disembelih hari ini.
1) Masjid Agung Al-Jihad Pasar Lama Betun :
Sapi 19, Kambing 43.
2) Masjid Al-Qadar Pasar Baru-Betun: Sapi 23,Kambing 57.
3) Masjid Al-Fallah-Kletek:Sapi 3 Kambing 15.
4) Masjid Kompi A SYB dan Masjid Kompi D SYB-Kec.Kobalima:Sapi masing-masing 1 ekor.

Sholat Ied Idul Adha diikuti oleh 2000 orang Umat Islam Kaum muslimin dan muslimat yang ada di Kabupaten Malaka dan mendapat pengamanan dari Anggota Polri Polsek Malaka Tengah, Polsek Kobalima dan Polsek Weliman serta Anggota Koramil 16.05-04Betun.

Sholat berakhir pada pukul 07.15 WITA, selanjutnya Panitia Hari Raya Qurban menuju ke Masjid Masing-masing untuk melakukan pemotongan Hewan Qurban.

-Jumlah Hewan masih terus bertambah dan akan selesai tanggal 13 Agustus 2019.

-Pemotongan Hewan Qurban dimulai Pukul 09.00 WITA sampai tanggal 13 Agustus 2019 (3 hari).

“Untuk penerima Daging Qurban diberikan kepada yang berhak menerima baik kaum muslim dan nonmuslim.(Red-Ananda)

About Post Author