Pembangunan Menggunakan Anggaran DD Telah Dimulai Di Desa Bumidaya,

Lamsel, LAMPUNG, libasmalaka.com – Guna mengendalikan erosi tanah kerusakan jalan dan bangunan yang ada serta mengendalikan air hujan yang berlebihan sehingga tdk terjadi kebanjiran, Pemerintah desa (Pemdes) Bumidaya Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan membangun drainase diDusun Banyuwangi 2 Rt.035/009 dengan Volume Panjang : 115 Meter, Lebar : 0,50 Meter, dan besar anggaran : Rp. 42.490.000, Jumat (2/8/2019).

Selain Dreynase Pemdes Bumidaya juga membangun infrastruktur jalan cor beton diDusun Malang Rt 025/005, Panjang : 200 Meter, Lebar : 3 Meter, Tebal : 0,15 Meter besar anggaran : Rp. 129.881.576, dan pembangunan gorong-gorong
Volume : 5 x 1.0 x 1.75 M besar anggaran :17.457.000, serta membangun Talud Penahan Tanah (TPT) dengan Volume : 10 x 1.2 x 0.50 M besar Anggaran : Rp. 69.305.000.

Pjs. Kades Bumidaya. Septa Oksal Gunawan,SE. Menerangkan, Tujuan dari ketiga pembangunan tersebut.

“Gorong-gorong Untuk mengurangi kelebihan air dari suatu kawasan atau lahan sehingga lahan dapat difungsikan secara optimal, dan drainase sebagai pengendali kepermukaan dengan tindakan untuk memperbaiki daerah becek genangan air, menurunkan permukaan air tanah pada tingkat ideal,” Terangnya.

Masih dalam keteranganya, Ia mengatakan keseluruhan pembangunan yang dikerjakan tersebut menggunakan anggaran dana desa (DD).

“Sementara cor beton untuk mempelancar transportasi bidang ekonomi masyarakat,bidang pertanian didusun Malang Rt.025/005 Desa Bumidaya ini, Pengerjaan ini menggunakan DD tahun 2019 dan dilaksanakan oleh masyarakat lingkungan Desa Bumidaya sesuai dengan Padat Karya Tunai (PKT) Harian Orang Kerja (HOK) 30% dari anggaran biaya,” Imbuhnya.

Diakhir keteranganya Septa mengatakan, Dari ketiga pembungunan tersebut akan dilakukan ceremonial oleh Camat Palas Rika Wati.S.STP.MM.

“Pada hari ini kita akan awali pekerjaan ini dengan ceremonial yang akan di lakukan oleh Bu Camat ,” Katanya.

Terpisah usai ceremonial dan peletakan batu pertama Camat Palas Rika Wati.S.STP.MM. mengapresisasi pembangunan tersebut, Ia berharap dari semua pembangunan yang dilaksanakan Pemdes Bumiraya dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Saya sangat apresiasi dari pembangunan ini, saya harap kepada pemerintah desa agar tidak keluar dari aturan yang sudah ditentukan, dana yang dipakai adalah  DD jadi jangan sampai keluar dari Rab, dan juga saya berharap kepada masyarakat dapat menjaga dan merawatnya,” Pungkasnya.

Hadir dalam cereremonial, Camat Palas Rika Wati.S.STP.MM. Kapolsek Palas IPTU. M.Sari Akip
Mewakili Danramil Palas Serda. A. Sadeli Anggota Ramil 421-08/Palas.
Kasi Ekobang Kec. Palas Suyadi,SE.
Plh. UPT PU Palas. Slamet, Pendamping Desa Teknik (PDTi) Nanang Bayu Saputra.ST. Pjs. Kades Bumidaya. Septa Oksal Gunawan,SE. Pendamping Lokal Desa (PLD) Ebit Santibi. Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Bumidaya.  (Saf)

About Post Author