Dalam Rangka Mewujudkan Program Germas Pemdes Sukaraja Adakan Senam Jantung Sehat

Spread the love

Lamsel, LAMPUNG, libasmalaka.com – Memberikan rasa kesadaran kepada lapisan masyarakat Khususnya diwilayah Kecamatan Palas karena saat ini peningkatan PTM (Penyakit tidak menular) seperti : Kanker , Stroke , Diabetes cukup deras mengalami peningkatan sehingga akan berdampak pada  menurunnya Produktifitas Manusia, Melalui kegiatan olah raga dalam mengolah Fisik senam jantung sehat bertujuan dapat meminimalisir serta mengurangi peningkatan Penyakit Tidak Menular (PTM), Hal itu dikatakan Rika Wati.S.STP.MM Usai mengikuti kegiatan Senam Jantung Sehat serta Gerakan Makan Buah Bersama, kegiatan dilaksanakan dilapangan sepak bola Desa Sukaraja, Jumat (2/8/2019).

Lanjutnya, Ia mengatakan, Kegiatan Senam Jantung Sehat serta Gerakan Makan Buah Bersama Dalam Rangka Mewujudkan Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menuju hidup sehat, Disamping melakukan kegiatan olah Fisik dengan berolah raga juga diimbangi budaya makan buah bersama ,  masyarakat juga dihimbau untuk selalu membiasakan diri dengan pola hidup sehat diantatanya menjaga kebersihan lingkungan , mengkonsumsi sayur mayur secara rutin ,menggunakan jamban ,  tidak / mengurangi kegemaran merokok dan menkonsumsi Alkohol karena salah satunya peningkatan Penyakit Tidak Menular (PTM) disebabkan oleh kebiasaan tersebut,” Kata Camat Palas Rika Wati,S.STP.MM.

Menurutnya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

“Kegiatan Germas dengan melakukan aktifitas senam jantung sehat serta gerakan makan buah bersama untuk wilayah Kecamatan Palas akan selalu dilakukan secara berkelanjutan dan menyeluruh dari Pemerintahan Tingkat Desa dan Pemerintahan Kecamatan Palas pada setiap kesempatan,” Ujarnya.

Rika Wati Menjelaskan, Germas merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI yang mengedepankan upaya promotif dan preventif tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat, Untuk menyukseskan GERMAS, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Peran Kementerian dan Lembaga di sektor lainnya juga turut menentukan, dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat, Germas dapat dilakukan dengan cara melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban. Pada tahap awal, Germas secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu:
1). Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari.
2). Mengonsumsi buah dan sayur.
3). Memeriksakan kesehatan secara rutin. ketiga kegiatan tersebut dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan saat ini juga, dan tidak membutuhkan biaya yang besar.

“Mulai dari individu, keluarga, dan masyarakat dalam mempraktekkan pola hidup sehat, akademisi, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, dan organisasi profesi dalam menggerakkan anggotanya untuk berperilaku sehat,” Jelasnya.

Terpisah, PJ. kades Sukaraja Ridwan mengungkapkan kegiatan Germas sangatlah penting untuk kesehatan terutama untuk kesehatan warganya.

“Maka dari itu sangatlah penting jika kita menggarkan kegiatan ini, kegiatan inikan anggarannya memekai anggaran dana desa (DD) bang,” Tutupnya.  (Saf)

About Post Author