Bendungan Rotiklot Atmbua Rencananya Akan DiResmikan Jokowi

Belu NTT, libasmalaka.com – Renca Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Bendungan Rotiklot yang terletak di Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur yang berbatasan langsung dengan Negara Tetanga Repuplik Demokratik Timor leste pada Senin (20/5/2019) mendatang.

Secara fungsi, salah satu tujuan utama pembangunan Bendungan Rotiklot sebagai pengendali banjir yang kerap melanda Kabupaten Belu saat musim hujan.

Pengendali banjir, karena setiap tahun banjir terus terjadi di daerah hilir. Musim hujan biasa terjadi 3 bulan yang intensitasnya tinggi,

Adapun keberadaan bendungan di Provinsi NTT, khususnya Pulau Timor dianggap sangat penting, lantaran daerah ini kerap diguyur hujan dengan intensitas tinggi selama tiga bulan.

Sebagai informasi yang diterima dari tim media ini , kehadiran Bendungan Rotiklot juga akan memberikan berbagai manfaat lain bagi masyarakat sekitar dan kegiatan di Pelabuhan Atapupu. Antara lain, memenuhi air baku sebesar 40 liter per detik dansuplai irigasi seluas 139 hektare (ha).

Pembangunan bendungan berkapasitas tampung 3,3 juta meter kubik ini dikerjakan oleh PT Nindya Karya (Persero) dan PT Universal Suryaprima lewat Kerja Sama Operasi (KSO) dengan dana APBN sebesar Rp 496 miliar.

Direncanakan peresmian yang akan dilakukan Presiden Jokowi pada Senin besok, tanggal (20/5/19) . (edi)

%d blogger menyukai ini: