Ming. Sep 20th, 2020

Segera Olah Tanah Ex RS Marianum Besikama Guna Tanam Bawang Merah

Malaka.libasmalaka.com- Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPHK) Kabupaten Malaka segera mengelola tanah ex RS Marianum Besikama untuk budidaya bawang merah. Budidaya bawang merah itu dimaksudkan untuk mengoptimalkan lahan yang selama ini tidak dimanfaatkan di lokasi itu.

Pemerintah melalui dinas pertanian melakukan pengolahan lahan dengan traktor termasuk pembedengan. Sementara umat Paroki Besikama yang menanam dan merawat tanaman bawang itu. Hasil budidaya bawang itu semuanya diserahkan kepada Paroki Besikama untuk kepentingan gereja.

Kadis TPHK Kabupaten Malaka, Yustinus Nahak mengatakan hal itu kepada wartawan di Besikama, Jumat (26/9-2019).

Kadis Nahak mengatakan kegiatan budidaya bawang merah memanfaatkan lahan ex RS Marianum Besikama dilakukan sesuai arahan Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran agar tanah itu dapat dioptimalkan pemanfaatannya dan semua hasil dari kegiatan budidaya itu diserahkan untuk mendukung kepentingan Paroki Besikama.

“Itu kebijakan Bapak Bupati dan kita dari Dinas Teknis siap menindak lanjutinya melalui kegiatan di lapangan”

“Kita sudah mendapat surat izin dari Deken Malaka terkait pemanfaatan lahan itu sehingga kita sudah bisa lakukan kegiatan di lokasi itu”

“Tanah itu sejak banjir bandang tahun 2000 tidak dimanfaatkan karena bangunan rumah sakitnya rusak parah diterjang banjir dan halaman rumah sakitnya juga tertimbun endapan lumpur saat banjir”

“Minggu depan tanah itu sudah diolah traktor termasuk pembedengan”

“Untuk pengairannya kita manfaatkan sumur yang ada di halaman rumah sakit yang sudah ada”

“Sesuai arahan Bapak Bupati terkait penanaman dan perawatan tanaman diserahkan kepada Umat Paroki Besikama dan kepala desa yang bermukim disekitar lokasi gereja”

“Luas lahan yang diolah kurang lebih 1 hektar karena disana ada gundukan tanah termasuk lokasi ex bangunan gedung tidak ditanami”

Umat Paroki Besikama, Alfons Tae Bria saat ditemui di Umalor – Besikama, Jumat (26/4-2019) mengatakan sangat senang dengan rencana budidaya bawang merah di tempat itu”

“Sebagai umat Paroki kita senang karena Bupati SBS memiliki perhatian besar untuk merubah lahan yang selama ini terlantar menjadi lahan produkif yang bisa memberikan penghasilan untuk kepentingan gereja dan umat di Paroki Besikama”

“Sejak banjir bandang tahun 2000 fasilitas gedung RS Marianum rusak parah dan tidak dimanfaatkan hingga saat ini. Tanah disekitar RS Marianum itu dibiarkan terlantar dan hanya ditumbuhi belukar ”

“Kita umat Paroki menyampaikan terima kasih banyak kepada Bupati SBS bersama jajarannya yang memiliki kepekaan dan perhatian besar untuk membersihkan lahan itu dan menyulapnya menjadi lahan produktif untuk mendukung gereja”

“Kita optimis apa yang dilakukan selama ini sangat membantu gereja dan umat Paroki Besikama sekaligus sebagai upaya konkrit pemerintah melakukan penataan daerah terutama lebih mempercantik wajah kota Besikama menjadi kota yang indah dan produktif” (ananda-boni)

%d blogger menyukai ini: