Yonif R aider 408/Sbh Pos Davala Lakukan Pencegahan DBD Bersama Dinas Kesehatan di Desa Dubasa

Malaka, Lintasbatas.com – Kerawanan yang paling besar, di saat musim penghujan tiba yakni salah satunya penyakit demam berdarah, hal ini sudah mulai mewabah di beberapa wilayah di Indonesia.

Demam berdara dapat dicegah melalui kegiatan PSN (pemberantasan sarang nyamuk)dengan cara pengasapan insektisida atau fogging untuk membunuh jentik nyamuk yang tidak dapat dibasmi saat pengasapan pertama.

Pemberantasan sarang nyamuk lain yang dilakukan adalah dengan rutin menjalankan 3M-Plus, terutama pada musim hujan. Langkah 3M, yaitu:
Menguras tempat penampungan air, seperti bak mandi atau toren, minimal tiap pekan.Menutup rapat tempat penampungan air.Mendaur ulang barang yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti.

Selain itu dapat dilakukan untuk membantu pencegahan. antara lain dengan mengatur cahaya yang cukup di dalam rumah, memasang kawat anti nyamuk di ventilasi rumah, menaburkan bubuk larvasida (abate) pada penampungan air yang sulit dikuras.

Hal inilah yg menggugah hati beberapa personil dari SATGAS PAMTAS RI-RDTL YONIF RAIDER 408/SBH ( Pos Dafala) untuk mengajak dinas kesehatan menebar bubuk abate di lingkungan masyarakat desa dubasa A, tujuanya agar bibit penyakit, yg berasal dari nyamuk aides aigypti ini tidak berkembang biak ,

Penaburan bubuk abate ini di lakukan Senin 11 Februari 2019 bersama dinas kesehatan, di bak – bak penampungan air milik warga sekitar, selain itu anggota kesehatan dr pos dafala juga melakukan penyuluhan – [enyuluhan dari setiap warga yang rumahnya di datangi untuk selalu menjaga kebersihan, menimbun sampah – sampah yang bisa menyebabkan genangan air, supaya nyamuk aides aigypti tidak bisa berkembang biak, Tentunya hal ini mendapat respon yang posifif dari warga,

Serda susan, bintara kesehatan pos dafala, juga mengatakan,
“Kita lebih baik mencegah daripada mengobati, Karena lingkungan yang kotor sangatlah mudah untuk nyamuk ini berkembang biak, selaian itu ia juga berharap agar warga desa dubasa tidak ada yang terjangkit penyakit deman berdarah,”Tutur Susan.(bgr/mbs)

%d blogger menyukai ini: