16 Juli 2024

Pemdes Kota Guring  Berupaya Tangani Stunting, Deni Roziansyah Pinta Kader Pahami Caranya

Spread the love

Lamsel, libasmalaka.com – Kepala desa (Kades) Kota Guring Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) Deni Roziansyah meminta kepada TP PKK dan seluruh Kader aga dapat memahami cara pencegahan stunting.

Permintaan itu disampaikan Deni Roziansyah usai acara Rembuk stunting Desa Kota Guring di balai desa setempat, Kamis (27/06/2024).

Pada kesempatan itu Deni Roziansyah mengatakan program stunting adalah program Pemerintah yang harus didukung, menurutnya stunting berpotensi mengganggu potensi sumber daya manusia dan berhubungan dengan tingkat kesehatan, bahkan kematian anak.

“Kedepannya kita perlu memahami terkait penanganan serta pencegahan stunting ini,” Katanya.

Dalam penanganan serta pencegahan stunting, Deni Roziansyah mengatakan Pemdes Kota Guring mendukung penuh program pemerintah tersebut

“Meminta kepadaTP PKK desa beserta para kader agar memiliki data stunting didesa yang akurat agar kedepannya kita bisa mengetahui desa kita ini masuk tidak ke lokus stunting walau sejauh ini Alhamdulillah di Kota Guring tidak ada stunting,” Katanya.

“Kita Pemdes sudah menyiapkan untuk pencegahan stunting ini yaitu kebun, kandang dan kolam (K3) serta kita juga menganggarkan makan bergizi,” Imbuhnya.

Deni Roziansyah kembali meminta kepada lembaga desa yang menangani pencegahan stunting tersebut agar dapat meningkatkan pengetahuan peserta tentang Stunting dan penyebab gejalanya, meningkatkan pengetahuan peserta tentang resiko tinggi dan pengenalan tanda kelahiran pada kehamilan.

“Stunting sendiri sebenarnya merupakan keadaan berhentinya pertumbuhan pada anak,” Ucapnya.

Terpisah, Ketua TP PKK Desa Kota Guring Evi Nurmalia mengatakan, pencegahan stunting diperlukannya kesiapan-kesiapan terutama pada pengetahuan tentang stunting.

“Tindakan yang relatif ampuh dilakukan untuk mencegah stunting pada anak adalah selalu memenuhi gizi sejak masa kehamilan,” Tuturnya.

“Dan Alhamdulillah, Pemdes kita sangat mendukung program stunting ini, dan kita juga sudah siapkan K3, hasilnya akan kita bagikan kepada warga kita juga dan untuk jambanisasi Alhamdulillah di tahun ini Pemdes Kota Guring akan mengatasinya ada 25 warga lagi yang perlu jambanisasi ini,” Tutupnya.  (Saf)

About Post Author