2 Mei 2024

Sementara Pleno Di Kantor PPK Malaka Tengah diguncang Gempa Tektonik Berkekuatan M5,2

Spread the love

libasmalaka.com- “Cukup mengejutkan kami sementara melaksanakan Pengamanan Pleno di Kantor PPK Malaka Tengah. Tiba – tiba  terjadi gempa yg cukup besar, tempat duduk yang kami duduki terasa goyang, terang  Kapolsek Malaka Tengah AKP I Wayan Budiasa,SH, saat dihubungi media ini Selasa 27 Februari 2024

Lanjut Kapolsek Wayan, , Terkait kejadian itu segera kita tenangkan teman – teman  yang sementara melaksanakan pleno untuk tidak meninggalkan ruangan. Kegiatan tetap berjalan normal terang Kapolsek Wayan .

Informasi yang berhasil dihimpun media ini dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kepala Stasiun Geofisika Kupang.Margiono, S.Si. merilis  GEMPABUMI TEKTONIK Berkekuatan M5,2 di Malaka, Nusa tenggara timur, tidak berpotensi tsunami

Kejadian dan Parameter Gempabumi terjadi pada Hari Selasa 27 Februari 2024 pukul 11.49.13 WIB wilayah Pantai Tenggara Malaka, Nusa Tenggara Timur diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,1. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 9,85° LS ; 125,05° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 20 Km arah Tenggara Malaka Barat, Malaka, Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 10 km.

Jenis dan Mekanisme Gempabumi, Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif dasar laut. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar naik ( _thrust fault_ ).

Dampak Gempabumi:Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Malaka dengan skala intensitas III MMI ( *Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu* ). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI

Gempabumi Susulan Hingga pukul 12.15 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 (satu) aktivitas gempabumi susulan ( _aftershock_ ) dengan magnitudo M4,1.

Rekomendasi:Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.* (Edi)

About Post Author