2 Mei 2024

Puncak Perayaan HKN ke-59 Bupati Malaka Apresiasi Nakes Garda Terdepan Berikan Layanan Kesehatan Bagi Masyarakat.

Spread the love

libasmalaka.com- Bupati Malaka Dr. Simon Nahak,S.H.,M.H, memberikan apresiasi kepada para tenaga kesehatan (Nakes) yang telah berjuang sebagai garda terdepan memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat. Menurutnya para nakes memiliki peran penting atas pembangunan kesehatan, khususnya di Kabupaten Malaka

Hal ini disampaikan Bupati Simon Nahak pada puncak acara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke – 59 Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Malaka melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka bertempat di alun-alun lapangan umum Betun ibukota kabupaten Malaka provinsi NTT Senin 13 November 2023.

Untuk diketahui Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke – 59 tahun 2023 yang jatuh pada tanggal 12 November 2023 diundur Perayaannya pada tanggal 13 November 2023 dikarenakan tanggal 12 November 2023 merupakan hari Minggu (hari libur).

“Pembangunan kesehatan tidak mungkin berhasil tanpa dukungan dari masyarakat dan Ahli kesehatan. Saya mengucapkan banyak terima kasih serta penghargaan semua pihak yang telah mendukung pembangunan kesehatan di Kabupaten Malaka,” ungkap Bupati Simon Nahak.

Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 tahun 2023 ini mengangkat tema “Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju”. Bupati meminta tema tersebut harus dipahami sebagai pedoman untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. Hal ini lantaran kesehatan masyarakat merupakan investasi yang penting untuk menuju Indonesia Maju.

Bupati juga meminta nakes tidak hanya fokus pada penanganan masalah kesehatan masyarakat. Namun juga turut berperan langsung untuk memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat.

Marilah bersama mewujudkan bangsa dan negri Indonesia yang sehat dan sejahtera. Marilah kita tingkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan diri jauh lebih baik daripada mencari pengobatan. Hidup bersih dan sehat harus kita terapkan agar menjadi budaya masyarakat,” ajak  Bupati Simon Nahak.

Kesehatan dimulai dari kita menjaga kebersihan dilingkungan kita sendiri sehingga kita dapat terhindar dari Penyakit – penyakit, Bupati Simon Juga Menghimbau
Agar terus menjaga kesehatan kita , dimana Kabupaten Malaka sedang gencar mengurangi Stunting yang mana angka Stunting di  Malaka cukup banyak sehingga saya berharap kita dapat bekerja sama untuk menekan angka Stunting imbaunya

Pemkab Malaka telah mencanangkan progam K3 (Kebun, Kandang dan Kolam) sebagai sebuah transformasi ketahanan kesehatan dasar dalam keluarga. Program K3 mendorong kesiapsiagaan masyarakat menghadapi krisis pangan dan krisis kesehatan yang mengancam.

Berharap agar kita menjaga kesehatan diri sendiri dan Lingkungan disekitar sehingga kita dapat terhindar dari Penyakit yang dapat menyerang kita dan kita harus menjaga Kesehatan Karena Malaka Sehat Indonesia juga sehat dan sebaliknya Malaka Sakit Indonesia juga Sakit serta dengan perayaan Hari Kesehatan Nasional ke – 59 ini saya berharap angka Kesehatan di Kab. Malaka terus membaik. Harap Bupati Simon Nahak.

Hadir dalam kegiatan Dandim 1605/Belu ,Letkol Ahr. Suhardi, S.T
Wakapolres Malaka Kompol Jery S. Puling, A.Md,S.H
Para Asisten Pemerintahan Setda Kab. Malaka Pimpinan OPD Kab. Malaka
Kapolsek Malaka Tengah  IPTU I Wayan Budiasa, SH,
Perwakilan BUMN / BUMD,
Para Kepala Puskesmas se – Kab. Malaka tenaga kesehatan se – Kab. Malaka
Perwakilan Siswa -siswii SD dan SMP se – Kec. Malaka Tengah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka, dr. Sri Charo Ulina dalam laporannya menyampaikan, Bahwa Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati pada tanggal 12 November setiap tahunnya. Peringatan tahunan ini bertujuan sebagai momentum untuk membangun kesadaran kolektif masyarakat Indonesia tentang betapa pentingnya kesehatan
HKN ke-59 Tahun 2023 mengangkat tema “Transformasi Kesehatan Untuk  Indonesia Maju”  Kemenkes RI memilih Tema ini untuk berusaha menyampaikan pesan bahwa transformasi dalam sektor kesehatan adalah kunci bagi kemajuan Indonesia. Tema ini mencerminkan upaya untuk mencapai perubahan positif dan peningkatan kesehatan masyarakat, yang pada gilirannya akan mendukung pertumbuhan dan kemajuan negara secara keseluruhan.

Melalui tema “TRANSFORMASI KESEHATAN UNTUK INDONESIA MAJU”, Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka mengharapkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama bergotong royong memasuki adaptasi menuju masyarakat yang sehat, bertumbuh, beraktivitas dan produktif. Pada peringatan HKN tahun ini, kami mengajukan proposal untuk menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesehatan, mengedukasi masyarakat mengenai isu-isu kesehatan terkini, dan mempromosikan gaya hidup sehat.

Tujuan kegiatan
Melalui peringatan Hari Kesehatan Nasional dapat tersosialisasikannya program-program kesehatan sebagai upaya mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya melalui peran serta semua komponen bangsa, masyarakat, organisasi kemasyarakatan, swasta dalam upaya kesehatan, dengan lebih memprioritaskan promotive-preventive dan semakin menggalakan serta melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) tanpa mengabaikan kuratif-rehabilitatif.

Tujuan Khusus
Melalui Hari Kesehatan Nasional ini, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk,  Meningkatkan tali silahturahmi khususnya sesama insan kesehatan baik yang bekerja di Dinas Kesehatan, Puskesmas maupun Rumah Sakit, umumnya dengan pihak-pihak terkait lainnya.

Mensosialisasikan program-program kesehatan kepada masyarakat, para pemangku kebijakan, sektor swasta dan stakeholder-stakeholder lainnya.

Meningkatkan respon institusi swasta  dan organisasi swasta agar mampu berperan dalam upaya kesehatan.

Menjadikan germas sebagai gambaran pribadi dan masyarakat yang sehat.

Kegiatan yang dilaksanakan
Kegiatan Pra HKN berlangsung dari tanggal 01 – 11 November 2023 :

Tanggal 01 s/d 06 November 2023, kegiatan Pembuatan Video Untuk Lomba Kebersihan Puskesmas, Yel-Yel dan Mars Puskesmas dengan Lokasi di Puskesmas masing – masing.

Tanggal 07 November 2023 pukul 08.00 wita s/d selesai dengan Kegiatan Penilaian Lomba Mars dan Yel-yel berupa video,
08 November 2023 pukul 08.00 wita s/d selesai dengan Kegiatan Penilaian Lomba Kebersihan Puskesmas berupa Video Fasilitas Kesehatan

Tanggal 09 s/d 11 November 2023 pukul 15.00 wita s/d selesai dengan Kegiatan Pertandingan Bola Volly bertempat di Lapangan Bola Volly Dekenat Malaka,

Tanggal 10 November 2023 pukul 08.00 wita s/d selesai dengan Kegiatan Lomba Balita Sehat bertempat di Aula Dekenat Malaka

Kegiatan Puncak HKN bertempat di Lapangan Umum Betun dengan melaksanakan
Senam Germas dan Kegiatan Kebugaran Anak SD
Pemotongan Tumpeng,
Aksi Bergizi, Deteksi Dini PTM (Pemeriksaan Gula darah, As. Urat, Kolesterol)
Pemeriksaan HB dan TTD untuk Remaja, Pemberian Penghargaan Bagi Kader Posyandu (10 Tahun) Pengumuman Hasil Lomba,
Pemberian Penghargaan Bagi Kader Posyandu ( 10 Tahun)

Peserta kegiatan HKN-59 sebanyak 1.250 orang yang terdiri dari Bupati Malaka, Wakil Bupati Malaka, Pimpinan DPRD Kabupaten Malaka, Kapolres Malaka, Danramil 1605-04 Betun, Sekretaris Daerah, Asisten I,II,dan III, OPD, Camat se-Kabupaten Malaka, Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka, Ketua TP-PKK Kabupaten Malaka, Ketua Persit, Ketua Bayangkari, Ketua DWP Kabupaten Malaka, BPJS, Tokoh Agama, Momentum USAID, Bethesda, Pijar Timur, Puskesmas, Rumah Sakit, PKK dan Klinik Swasta, Bank BPD, BRI. BNI dan Bank Mandiri dan Masyarakat, Kepala Sekolah, Pelajar (SD dan SMP).

Penerimaan Penghargaan untuk Kader yang masa kerjanya  10 tahun :

1. Pius Fahik asal Puskesmas Weliman
Lama mengabdi : 48 Tahun
2. Oliva Lin asal Puskesmas Seon
Lama mengabdi : 38 Tahun
3. Margaretha Muti asal Puskesmas Kaputu
Lama mengabdi : 32 Tahun
4. Yulita Un asal Puskesmas Uabau
Lama mengabdi : 33 Tahun
5. Mariana Relince Bete asal Puskesmas Babulu
Lama mengabdi : 20 Tahun
6. Maria Mooy asal Puskesmas Nurobo
Lama mengabdi : 23 Tahun
7. Ewalde Rika asal Puskesmas Alas
Lama mengabdi : 32 Tahun
8. Anastasia Fore asal Puskesmas Betun
Lama mengabdi : 37 Tahun
9. Gradiana Resek asal Puskesmas Weoe
Lama mengabdi : 37 Tahun
10. Yohana Susar asal Puskesmas Tunabesi
Lama mengabdi : 25 Tahun
11. Hildegardis Kuu asal Puskesmas Sarina
Lama mengabdi : 34 Tahun
12. Orance Bona asal Puskesmas Oekmurak
Lama mengabdi : 15 Tahun
13. Blandina Luruk asal Puskesmas Alkani
Lama mengabdi : 33 Tahun

Pengumuman hasil Lomba, sbb : Jambore Kader :
Lomba Cerdas Cermat Kader :
Juara I : Kec. Malaka Timur
Juara II : Kec. Kobalima Timur
Juara III : Botin Leobele

Lomba Penerapan Sistem 5 Meja :
Juara I : Kec. Wewiku
Juara II : Kec. Kobalima
Juara III : Kec. Malaka Tengah
Harapan I : Kec. Kec. Rinhat
Harapan II : Kec. Botin Leobele

Lomba Penyuluhan Kesehatan :
Juara I : Kecamatan lo Kufeu
Juara II : Kecamatan Kobalima Timur
Juara III: Kecamatan Rinhat

Lomba Masak Konsep PMBA :
Juara I : Kec. Kobalima
Juara II : Kec. Malaka Tengah
Juara III : Kec. Botin Leobele
Harapan I : Kec. Malaka Timur
Harapan II : Kec. Kobalima
Harapan III : Kecamatan Rinhat.

Lomba Mars dan Yel – yel Puskesmas :
Juara I : Puskesmas Betun
Juara II : Puskesmas Nurobo
Juara III : Puskesmas Uabau

Lomba Kebersihan Puskesmas :
Juara I : Puskesmas Uabau
Juara II : Puskesmas Nurobo
Juara III : Puskesmas Betun

Lomba Balita Sehat Kategori Usia 6-11 Bulan :
Juara I : Kec. Malaka Tengah An. Deefa Al Amir Kusuma
Juara II : Kec. Rinhat An. Marila K.A Tae
Juara III : Kec. lo Kufeu An. Pascalis A.Berek

Lomba Balita Sehat Kategori Usia 12-59 Bulan :
Juara I : Kec. Weliman An. Aquino Seran Klau, Juara II : Kec. Kobalima An. Ignatia Yoaneta Debeles
Juara III : Kec. Botin Leobele an. Fransiskus Alfaro Koi

Pertandingan Volly Putra :
Juara I : Puskesmas Biudukfoho
Juara II : Dinkes Kab. Malaka
Juara III : RSUPP Betun

Pertandingan Volly Putri :
Juara I : RSUPP Betun
Juara II : Puskesmas Biudukfoho
Juara III : Puskesmas Seon.
Penulis Edi S

About Post Author