Gelar Jumat Curhat, Kapolres Tanjung Perak AKBP Herlina Serap Aspirasi Warga

TANJUNGPERAK – Libas Malaka

Dalam rangka meningkatkan sinergitas kepolisian dengan masyarakat, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Herlina bersama anggota terus melaksanakan giat Jum’at Curhat. Kali ini bertempat di rumah Tahfidz Al-Hidayah, Jalan Asem Mulya Gg IV, RW III, Kelurahan/Kecamatan Asemrowo, Jumat (8/9/2023)

Kegiatan Jumat Curhat ini merupakan salah satu program Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Program quick wins ini untuk mendengar langsung permasalahan atau keluhan yang dirasakan masyarakat dan dicarikan solusi bersama.

Kehadiran Kapolres AKBP Herlina beserta pejabat utama (PJU) disambut ceria anak-anak TK Al-Hidayah. Kapolres pun memberikan hadiah berupa paket snack kepada seluruh siswa.

Dalam pertemuan yang berlangsung ganyeng ini Kapolres Herlina berdiskusi dengan masyarakat agar jangan sungkan memberi krritik atau saran yang membangun untuk institusi Polri serta membahas beberapa permasalahan yang ada di dalam masyarakat dan mencari solusi pemecahannya.

“Melalui Jum’at Curhat warga dapat menyampaikan segala aspirasi dan permasalahan yang ada, sehingga dapat dicarikan solusi yang terbaik untuk terciptanya situasi yang kondusif,” kata Herlina.

Pada kesempatan ini kapolres juga mengajak agar bersama sama menjaga situasi kamtibmas yang kondusif.

“Kegiatan Jum’at Curhat sebagai upaya Polres Pelabuhan Tanjung Perak untuk dekat dan mempererat tali silaturahmi warganya, sehingga dapat tercipta situasi kmtibmas yang kondusif,” ujarnya.

Pada kesempatan kali ini, AKBP Herlina menyampaikan sosialisasi mengenai SIM Cak Bhabin. Program inovasi Polri dalam rangka mempermudah pelayanan permohonan SIM tersebut dapat dinikmati oleh masyarakat.

Bagi warga Asemrowo yang ingin mendaftar Sim Cak Bhabin, maka dapat mengisi formulir yang sudah disiapkan oleh Bhabinkamtibmas. Nantinya, permohonan SIM dari masyarakat akan didaftarkan oleh Bhabinkamtibmas

“Program unggulan SIM Cak Babin agar dapat dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh warga, sebelum test bisa mendapatkan latihan baik teori maupun praktek,” paparnya.

Diskusi semakin menarik ketika Polwan berpangkat dua mewati dipundaknya ini menyampaikan pelayanan unit SPKT door to door yang diinisiasi Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Sebuah terobosan spektakuler Polres Pelabuhan Tanjung Perak dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus surat laporan kehilangan dokumen.

Diantaranya kehilangan KTP, buku nikah, akte kelahiran, Kartu Keluarga, buku tabungan, kehilangan ATM dan lain-lain.

Melalui program ini warga tidak perlu lagi repot-repot datang ke Mapolres Tanjung Perak maupun ke polsek jajarannya untuk membuat surat laporan kehilangan.

Dengan cukup menghubungi nomor layanan 081918600000, dan nantinya petugas akan datang sendiri ke rumah untuk membuatkan surat laporan kehilangan dokumen yang diinginkan. Layanan ini sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis.

“Program SPKT door to door bisa dimanfaatkan warga dengan lapor via WA, maka petugas akan datang dan langsung membuatkan laporan kegilangan,” imbuhnya.

Di samping itu, Herlina juga berpesan kepada warga agar membantu menjaga kamtibmas di wilayahnya. Apabila mendapati permasalahan, pihaknya mengimbau kepada warga untuk segera melapor agar dapat ditindaklanjuti.

“Warga juga bisa mengadukan permasalan di kampungnya kepada melalui program Polisi RW. Ini untuk kolaborasi lebih intens Polri dengan warganya melalui perangkat RT/ RW setempat. Dengan kehadiran polisi RW di masyarakat dapat berjalan dengan baik, sehingga terjalin komunikasi yang aktif. Sehingga dengan adanya Polisi RW dapat menjadi problem solver bagi masyarakat,” terangnya.

Dalam dialog ini, Herlina juga melakukan sosialiasi pemilu damai serta mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban menuju Pemilu 2024.

“Situasi politik yang berkembang jelang Pemilu 2024 dapat berdampak kepada warga, untuk itu diharapkan seluruh warga dapat tetap menjaga situasi kamtibmas yang kondusif meskipun beda pilihan,” pungkasnya.

(Ng)

About Post Author