1 Mei 2024

Agar Bumdes Terstruktur, Pemdes Pematang Baru Bersama Tokoh Masyarakat Bahas Regenerasi Kepengurusan

0
Spread the love

Lamsel, www.libasmalaka.com – Untuk membahas regenerasi Bumdes di Desa Pematang Baru Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) Provinsi Lampung Kepala desa (Kades) setempat, Muslim Idrus mengundang perwakilan masyarakat.

Hadir pada pembahasan regenerasi Bumdes itu, Fahrul Ulum, Spdi, M.pd Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) Kecamatan Palas, BPD, LPM dan tokoh masyarakat, Jum’at (06/01/2023).

Pada kesempatan itu, Muslim Idrus menyampaikan alasan regenerasi badan usaha milik desa (Bumdes) tersebut, Menurut Muslim Idrus, Perlunya regenerasi Bumdes dilakukan dimasa kepemimpinanya, mengingat kepengurusan serta usaha Bumdes dimasa kepemimpinan sebelumnya
sudah tidak jelas.

“Agar Bumdes kita ini maju maka melalui Musyawarah ini kita lakukan regenerasi kepengurusannya dulu, setelah itu baru jenis usahanya,” Katanya.

Muslim Idrus juga menyampaikan, Pihaknya selaku Pemdes akan menganggarkan untuk usaha Bumdes itu sendiri.

“2023 ini kita akan anggarkan untuk Bumdes jika kepengurusannya sudah jelas terbentuk, harapan saya Bumdes kita ini kedepannya bisa maju,” Ujarnya.

Sementara itu, Fahrul Ulum, Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) Kecamatan Palas menuturkan, Bumdes itu badan usahanya desa yang semestinya Bumdes bisa bekerjasama dengan pelaku-pelaku usaha yang ada didesa.

“Bumdes tidak perlu khawatir dengan pelaku-pelaku usaha yang didesa menjadi saingan usahanya Bumdes, maka dari itu Bumdes harus bekerjasama dengan pelaku usaha tersebut, Jika sudah berjalan dengan lancar usaha Bumdesnya, desa ini akan memiliki pendapat asli desa (PAD) sehingga kedepannya desa ini bisa lebih maju,” Tutupnya.

Terpisah, Usai bahas regenerasi Bumdes acara dilanjut Kegiatan Jumat Curhat Quick Wins Presisi Kecamatan Palas yang dilaksanakan Kapolsek Palas AKP. Andy Yunara.  (Saf)

About Post Author

Tinggalkan Balasan