3 Mei 2024

HKN ke-58, Satu Kerja Keras Setelah Lewati Sejarah Kelam

0
Spread the love

libasmalaka.com- Memperingati dan memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di Kabupaten Malaka, ketua panitia hari kesehatan nasional ke-58 Tahun 2022 J. Fritz Makbalin ungkap ini satu kerja keras setelah lewati sejarah kelam. Sabtu, 12 November 2022.

Menurut Fridtz diawal tahun 2019 pandemi covid-19 melanda Indonesia termasuk Kabupaten Malaka. Pasalnya kita semua dikagetkan secara sistem dan infrastruktur yang kita bangun sebelumnya. Maka di awal kita mengalami tantangan berat itu tidak hanya di bidang kesehatan tetapi Pendemi ini juga merambat kehidupan sosial masyarakat. Namun dengan komitmen kebersamaan dan kerjasama pemerintah dan masyarakat, situasi tersebut bisa dilewati.

“Bagi saya, hal positif yang bisa kita ambil hikmahnya pada momen hari kesehatan nasional ke-58 yaitu infrastruktur sistem yang kita bangun selama ini perlu kita perbaiki dan tingkatkan sehingga terjadi kejadian-kejadian baru kita sudah mampu menghadapi”,tukas Fritz.

Lanjutnya, sesuai tema HKN “Bangkit Indonesiaku dan Sehat Negeriku” merupakan suatu refleksi terhadap peristiwa-peristiwa dan respon kita terhadap kejadian yang sudah dilewati. Pasalnya, profesionalisme pelayanan baik itu swasta pemerintah dan semua infrastruktur sarana prasarana harus kita benahi. Semua internal sebagai pemberian pelayanan merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan dengan kerjasama lintas sektor dan kesiapan dari masyarakat sendiri.

“Kami dari dinas kesehatan kabupaten Malaka setelah melewati masa pandemi covid-19 sekarang berada di masa transisi menuju era baru maka kami menggunakan momentum hari kesehatan Nasional untuk menggalang kekuatan bersama lintas sektor membangun soliditas internal dinas kesehatan dan juga mengajak masyarakat untuk bisa beradaptasi dengan kehidupan baru melalui gerakan hidup bersih dan sehat”, jelasnya

 

Kami melakukan serangkaian kegiatan yang mana secara internal kami mengajak teman-teman untuk melakukan beberapa lomba, antara lain kebersihan dan prestasi Puskesmas, lomba mars yang bisa membangun dan membangkitkan semangat untuk bekerja. Dan kami juga mengajak masyarakat berpartisipasi melalui lomba balita sehat, senam prolanis yang sasarannya masyarakat, fashion show dengan tema masyarakat sehat kemudian pada hari puncak HKN 12 November 2022 ada lomba senam germas, cuci tangan pakai sabun dengan sasaran anak sekolah dan selanjutnya ada pencanangan sistem Kesehatan melalui layanan antrian online yang merupakan awal kita belajar dari pandemi covid 19.

“Kami dari Dinas kesehatan mencoba menggalang tiga komponen kekuatan. Kami sebagai layanan, baik itu profesional infrastruktur masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam berperilaku hidup sehat dan juga kerjasama lintas sektor karena dukungan lintas sektor itu salah satu kunci keberhasilan untuk kita bisa melewati masa pandemi”

“Saya mengajak kita semua khususnya masyarakat Malaka supaya berpikir positif bahwa kita memiliki satu visi yang sama berkaitan dengan urusan kesehatan. Kesehatan menjadi urusan bersama dengan kita berperan aktif menurut kemampuan dan kondisi masing-masing”, himbaunya

Saya selaku Ketua Hari Kesehatan Nasional ke-58 tahun 2022 menyampaikan Terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Malaka dalam hal ini Bupati Malaka, ketua tim penggerak PKK, Lembaga-lembaga Keuangan, Bank-bank, BPJS, pihak Kepolisian, masyarakat klinik swasta, apotek-apotek dan semua pihak yang mensupport kegiatan ini. Berkat kita semua bersatu dan berkolaborasi maka kegiatan hari kesehatan nasional dapat terselenggara dengan baik.

Sebgai informasi, peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan lomba hari kesehatan nasional adalah, masyarakat, anak sekolah, internal Puskesmas juga dari klinik-klinik swasta. Sedangkan panitia atau tim juri kita melibatkan Tim Penggerak PKK, klub-klub organisasi masyarakat.(GtEd)

About Post Author

Tinggalkan Balasan