19 April 2024

Candra Irawan Hadiri Upacara Pitra Yadnya Di Dusun 1, Wayan Adinata ; Pemimpin Harus Solid Tidak Pilih Kasih

0
Spread the love

Lamsel, www.libasmalaka.com – Kami sekeluarga mengucapkan terima kasih kepada Kepala desa Sri Pendowo Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan Lamsel, Candra Irawan yang telah hadir dan menyaksikan upacara Pitra Yadnya.

Hal itu diungkapkan, Gusti Kade Raku keluarga almarhum Gusti Yayu Ketut Santri disela upacara Pitra Yadnya di Dusun 1 RT 14 Desa Sri Pendowo Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Senin (10/01/2022).

“Yang meninggal ini Gusti Yayu Ketut Santri, Kami sekeluarga berterima kasih kepada  Kades Sri Pendowo atas kehadiranya  pada upacara Pitra Yadnya,” Ungkap Gusti Kade Raku kepada pewarta media ini.

Hal serupa juga diungkapkan, Wayan Adinata keluarga almarhum Gusti Yayu Ketut Santri, Dikatakannya, Pemimpin harus mengayomi masyarakat nya dan pemimpin juga tidak pilih kasih.

“Saya atas nama keluarga besar juga ucapkan terimakasih atas kedatangan pemimpin desa, Pemimpin harus solid tidak pilih kasih, desa ini kan ada agama Islam, Kristen dan hindu semua dirangkul, Dengan kehadirannya Kades kita ini semoga dalam kepemimpinanya dapat berkelanjutan,” Kata Wayan Adinata.

Terpisah, Usai hadiri upacara Pitra Yadnya, Kades Sripendowo, Candra Irawan mengatakan, Dirinya sebagai pemimpin di desa berkewajiban mengayomi masyarakat.

“Warga kita ada yang meninggal,  dan yang meninggal ini beragama Hindu, Kita sebagai pemimpin tidak boleh pilih kasih, apapun agamanya yah tetap kita rangkul dan kita ayomi tidak boleh pilih kasih, Didesa ini ada umat Islam, Kristen dan juga Hindu, semua harus dirangkul,” Ujarnya.

Untuk diketahui, Bagi kepercayaan umat Hindu, Upacara Pitra Yadnya adalah Suatu bentuk persembahan atau korban suci yang di tujukan kepada roh-roh para leluhur dan bhatara-bhatara.

Dirilis https://sejarahharirayahindu.blogspot.com/2012/06/pitra-yadnya.html?m=1
Pitra Yadnya adalah upacara penghormatan dan kewajiban suci kepada para leluhur termasuk kepada orang tua  yang telah meninggal dunia. (Saf)

About Post Author

Tinggalkan Balasan