20 April 2024

Hasil Musyawarah Pembentukan APL, Ahmad Shahrijal Ismy  Ketua Umum

0
Spread the love

Lamsel, www.libasmalaka.com – Proses menyajikan suatu tulisan yang sesuai dengan kode etik yang diatur dalam Undang – undang Pers adalah salah satu bagian dari lembaga profesi jurnalis.

Lahirnya Asosiasi Pewarta Lampung (APL) Mudah-mudahan dapat menjadi wadah bagi rekan-rekan jurnalis yang baru untuk lebih kreatif, inofatif dan aktif dalam menyajikan sebuah pemberitaan yang berimbang.

Untuk menyatukan visi dan misi kearah lebih baik, sejumlah jurnalis di Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung mendeklarasikan sebuah wadah jurnalis dengan nama Asosiasi Pewarta Lampung (APL).

Deklarasi berlangsung secara santai, sederhana dan penuh kekeluargaan merumuskan jajaran kepengurusan Asosiasi Pewarta Lampung dari Ketua Umum, Sekretaris dan Bendahara serta Devisi-devisi bertempat di Caffe Kasaka Kalianda, Rabu 29 Desember 2021.

Berdasarkan kesepakatan, musyawarah dan keputusan bersama menghasilkan kepengurusan Asosiasi Pewarta Lampung sebagai berikut :
– Ketua Umum : Ahmad Shahrijal Ismy
– Sekretaris : AD Eka Saputra
– Bendahara : Anwar Sanusi
– Divisi Humas : Ismail
– Divisi Sosial : Hendra Wijaya
– Divisi Hukum : Syahroni, SH
– Divisi Pemuda dan Olahraga : Amin Padri dan Edi Sofyan
– Divisi Pendidikan : M. Husni dan Hadi Kesuma
– Divisi Litbang dan Keorganisasian: Agus Saini dan Bambang Danu
– Divisi Investigasi dan Litigasi : Hendra Wahyuno

Usai terpilih, Ketua Umum (Ketum) Asosiasi Pewarta Lampung (APL) Ahmad Shahrijal Ismy mengucapkan terima kasih atas kepercayaan rekan-rekan jurnalis yang ada di Lampung Selatan atas support dan dukungan untuk mendirikan lembaga jurnalis APL.

“Terima kasih kepada rekan-rekan, terbentuknya dan majunya Asosiasi Pewarta Lampung ini tidak terlepas bantuan dan support dari temen-teman jurnalis. Mari kita sama-sama besarkan organisasi wartawan ini yang baru kita bentuk,” ujar Ketum APL.

Menurut Ijal sapaan akrabnya, adapun visi dan misi organisasi APL selain kontrol sosial layaknya organisasi pers yang sudah ada, kita lahir disini untuk mencoba bergerak dalam bidang sosial dan pendidikan serta guna meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dalam organisasi itu sendiri.

Selain itu kata dia, Adapun visinya agar dapat lebih kreatif dan misinya mengutamakan kesolidaritasan sesama anggota dan menjadikan pengurus anggota jurnalis yang aktif, serta dapat mengembangkan segala potensi dari setiap anggota sesuai dengan bakat yang dimiliki terutama bidang kejurnalistikan,” jelasnya.

“Lahirnya organisasi Jurnalis yang baru ini, kedepannya rekan-rekan yang tergabung di APL bisa lebih kreatif dan aktif dalam menjalankan aktifitas yang sesuai dengan fungsi jurnalistik sesuai kode etik UU nomor 40 tahun 1999,” jelasnya.

Kemudian kata pemilik media nursantara9news.com ini, terbentuknya APL bukan hanya untuk sendiri, atau organisasi saja, akan tetapi untuk bermanfaat bagi orang banyak.

“Menjadi wadah bagi jurnalis di Lampung Selatan maupun luar, bahkan jangan sampai ada pengkotak-kotak, melainkan menjadi satu. Namun yang utama kita kokohkan kekompakan dalam organisasi APL ini,” tutupnya.

Untuk diketahui, adapun media-media yang tergabung dalam Asosiasi Pewarta Lampung diantaranya :
1. Nusantara9news.com
2. Gerbangkrakatau.id
3. Nusantara-online.id
4. Rumahberita.co.id
5. Jangkarnusantara.com
6. Rakyatplus.com
7. Fajarberita.com
8. Medianasional.id
9. lampung.Kabardaerah.com
10. Fajarsumatera.co
11. Koranlibasnews.com.
12. Beritajempol.co
13. Cuplik.com.

About Post Author

Tinggalkan Balasan