Akibat Hujan Deras Dan Dangkalnya Sungai, 50 – 60 Haktare Sawah Di Bumi Asri Terendam Banjir

Lamsel, www.libasmalaka.com – Akibat hujan deras, Lima puluh hingga enam puluh haktare hamparan sawah di Desa Bumi Asri Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) terendam banjir.

Terendamnya hamparan sawah tersebut akibat hujan deras hingga meluapnya air dari sungai, Hal ini diungkapkan, Marsono Kades Bumi Asri kepada pewarta media www.libasmalaka.com. Minggu (26/12/2021).

“Sungai besar tidak bisa lagi menampung air dan saluran air sudah mengalami sedimentasi atau
pendangkalan jadi jika hujan deras sering terjadi banjir,” Ungkapnya.

Terendamnya area persawahan di desa itu, Petani setempat mengalami kerugian karena sawah tersebut sudah ditanami padi sekitar 35 – 50 haktare.

“Laporan dari Gapoktan desa kita, hamparan sawah yang terendam sekitar 50 – 60 haktare, padi pun sudah ada yang ditanam seperti yang saya sebut tadi luasnya  yang sudah ditanam di sawah, untuk persemaian juga ada yang terendam namun tidak banyak karena kebanyakan yang persemaian posisi sawah nya di ada diatas,” Terang Marsono.

Masih dalam ungkapanya, Petani berharap kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui Dinas Pertanian untuk menormalisasi sungai.

“Dari kejadian banjir ini petani berharap kepada Pemkab Lamsel dalam hal ini Dinas Pertanian untuk menormalisasi sungai yang  sekunder dan primer dari Desa Bumi Asri ke Desa Tanjung Jaya,” Katanya.

Selain itu, Petani setempat pun meminta kepada Dinas Pertanian untuk mengusulkan asuransi usaha tani padi (AUTP).

“Karena petani banyak yang merugi, petani berharap bantuan bibit sebagai penanggulangan banjir, dan subsidi pupuk  agar bisa disalurkan untuk petani, selain itu harapan petani kepada Dinas pertanian untuk mengusulkan AUTP ,” Pungkasnya.

About Post Author

Tinggalkan Balasan