Penyuluhan Stunting Di Kota Guring, Evi Nurmalia ; Semoga Saja Kita Paham Dan Dapat Kita Cegah

Penyuluhan Stunting Di Kota Guring, Evi Nurmalia ; Semoga Saja Kita Paham Dan Dapat Kita Cegah

Lamsel, www.libasmalaka.com – Pemerintah desa (Pemdes) Kota Guring Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) melalui TP PKK desa setempat gelar penyuluhan Stunting.

Penyuluhan digelar gedung Paud Desa Kota Guring dihadiri, Deni Roziansyah Kades Kota Guring, Ketua TP PKK Desa Kota Guring, Evi Nurmalia. Upt Puskesmas Rajabasa,Khilmia, SKM. beserta jajarannya, Yuniar Rita Bidan desa dan Karmila Astuti Ka Pustu Desa Kota Guring.

Dalam penyuluhan Stunting tersebut, Deni berharap kepada peserta dalam hal ini ibu-ibu serta para Kader Posyandu agar mengenal atau mengetahui apa itu Stunting.

“Kita harus tahu dulu apa itu Stunting dan bagaimana cara pencegahanya, jadi kalau ibu-ibu sudah mengetahui maka ibu-ibu juga bisa mencegahnya atau dalam Pencegehan Stunting ibu-ibu bisa mengerti,” Ujar Deni.

Deni pun meminta kepada peserta dalam penyuluhan itu untuk mendengarkan dengan seksama apa yang akan disampaikan oleh narasumber.

Terpisah, Usai memberikan sambutan dalam acara penyuluhan Stunting, Upt Puskesmas Rajabasa,Khilmia, SKM. mengatakan, Pentingnya masyarakat mengetahui tentang Stunting.

“Penyuluhan Stunting ini penting, jadi kita memberikan penyuluhan kepada masyarakat terutama kepada ibu-ibu dan para kader Posyandu,” Katanya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Desa Kota Guring Evi Nurmalia  mengungkapkan, Diadakanya penyuluhan Stunting yakni dalam rangka  turut serta melaksanakan upaya pemerintah mencegah Stunting di desa. Jum’at (24/12/2021)

“Agar masyarakat paham dengan Stunting dan paham dengan pencegahanya maka kami programkan penyuluhan Stunting kepada masyarakat terutama kepada ibu hamil (Bumil) dalam penyuluhan ini, para kader Posyandu didesa kita pun ikut,” Ungkapnya.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi dibawah lima tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya.

“Adanya penyuluhan ini kita bisa tahu Stunting itu apa, dan pencegahan seperti apa,” Tutur Evi Nurmalia.

Stunting tidak hanya disebabkan oleh faktor gizi buruk yang dialami oleh ibu hamil maupun anak balita.

“Salah satu satu faktor yang menyebabkan Stunting adalah kurangnya pengetahuan ibu mengenai kesehatan dan gizi sebelum dan pada masa kehamilan, serta setelah ibu melahirkan, dengan adanya penyuluhan ini, semoga saja kita paham dan dapat kita cegah Stunting,” Tutup Evi.  (Saf)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: